Diskominfo DIY Co-working Space (DCS) Dengan Konsep yang Inklusif dan Aksesibel + GRATIS

Diskominfo Co-Working Space Yogyakarta - Ruang Kerja Bersama GRATIS
www.pi-sang.com - Diskominfo DIY Co-working Space (DCS) Dengan Konsep yang Inklusif dan Aksesibel. Perkembangan teknologi di Indonesia semakin hari semakin berkembang pesat dan mempengaruhi pula gaya kehidupan yang semakin mencolok. 

Kalau dilihat-lihat dulu, internet masih dianggap sebagai sesuatu yang baru dan sangat menyulitkan bagi orang awam. Namun sekarang kita bisa melihat sendiri, internet sudah menjadi sesuatu yang umum dan hampir di segala aktivitas yang mereka lakukan selalu menggunakan internet. 

Melihat perkembangan teknologi ini tentu kita akan menemukan suatu istilah yang baru, istilah yang dimana internet sebagai media bagi masyarakat untuk saling terhubung dan berinovasi menciptakan berbagai macam teknologi lainnya yang dapat memudahkan masyarakat Indonesia dalam melakukan kegiatan sehari-harinya. Sebagai contoh seperti penggunaan peralatan elektronik (termasuk alat komunikasi), lalu munculnya startup dalam mengembangkan aplikasi yang dapat memudahkan pengguna-nya dalam bertransaksi, membeli barang secara online, dan lain sebagainya. 

 Fasilitas Co-Working Space (DCS) Yogyakarta yang Lengkap
Nah, dalam rangka untuk memfasilitasi masyarakat serta komunitas yang ada khususnya di daerah yogyakarta yang sedang mengembangkan industri kreatif digital, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY menyediakan tempat bagi mereka yang ingin menyalurkan ide serta gagasannya melalui DCS (Diskominfo Co-working Space) yang menerapkan konsep yang inklusif dan aksesibel. 

Diskominfo Co-working Space (DCS) ini mengusung konsep yang ramah difabel, yang dimana penataan ruangan serta jalan masuk menuju DCS ini didesain sedemikan rupa untuk para difabel. Seperti jalan  masuk ke ruangan, aktivitas didalam ruangan, toilet, serta layanan yang dapat dinikmati oleh para difabel. Jadi semua orang dapat menikmati layanan tempat kerja dan diskusi yang nyaman dengan fasilitas yang beraneka ragam.

Diskominfo Coworking Space ( DCS )

Lokasi Diskominfo Co-Working Space Yogyakarta yang Strategis
Co-working Space sendiri merupakan sebuah konsep yang terbilang masih sangat baru di Indonesia, yang pada dasarnya merupakan ruang kerja yang dapat digunakan secara bersama-sama dengan orang lain, startup, atau pelaku industri digital kreatif. Diskominfo Co-working Space sendiri menawarkan atmosfer tempat kerja yang lebih santai serta mengutamakan kenyamanan bagi pengunjung DCS ini. Selain itu fasilitas pendukung lain seperti  komputer, jaringan internet yang cepat dan stabil, serta berbagai ruangan yang beragam seperti outdoor space atau indoor space yang juga bisa dinikmati  oleh pengunjung.

Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan berkunjung dan menikmati layanan yang diberikan oleh Pemerintahan DIY untuk seluruh masyarakatnya dalam mengembangkan inovasi kreatif digital, yaitu;


- Lokasinya mudah ditemukan dan strategis
Untuk lokasi Co-working Space milik Diskominfo DIY ini memang mudah ditemukan, jika teman-teman tahu jogtron (Jogjatronik Mall), tinggal lurus saja nanti tempatnya ada di sebelah kiri jika teman-teman arah dari malioboro. Untuk lebih tepatnya lokasi Diskominfo Co-working Space ini berada di Jalan Brigjen Katamso, Keparakan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131. 

Suasana yang ada di DCS ini terbilang masih sangat baru sekali, karena baru diresmikan pada tanggal 24 Agustus 2018 yang lalu oleh Kepala Diskominfo DIY, Ir. Rony Primanto Hari MT. Lokasi DCS ini juga strategis yang dimana untuk akses ke tempat lainnya seperti wisata, tempat makan, aatau mall juga sangat dekat sekali seperti Alun-alun Kidul, lalu dekat juga dengan Keraton Yogyakarta, Jogjatronik Mall, dan lain sebagainya.


- Suasana yang lebih santai dan Fasilitas yang lengkap dengan internet gratis
Manfaat yang bisa kita dapatkan jika bekerja atau berkunjung di DCS ini ialah suasananya yang lebih santai. Saat berkunjung ke lokasi ini saya mengira satpam nya sangat galak sekali karena melihat raut wajahnya yang agak menakutkan, tapi setelah diajak mengobrol ternyata sangat menyenangkan dan santai seperti mengobrol dengan teman sendiri. 

Bahkan saya pun diantar dari lokasi parkir kendaraan ke lokasi tempat untuk bekerja atau hanya sekedar untuk mengerjakan tugas sekolah atau kuliah dan diberikan pula akses untuk terhubung langsung ke internet yang disediakan oleh pemerintah DIY di DCS ini secara gratis.

Rasanya seperti tinggal di kos sendiri, yang dimana menyediakan air minum secara gratis, toilet yang bersih dan ramah untuk para difabel, ruang komputer yang banyak, akses internet yang cepat dan stabil, ruang kelas yang banyak, akses informasi yang mudah, tempat parkir yang luas, dan masih banyak lagi teman-teman. Makanya yuk ajak teman-teman lainnya untuk berkunjung ke DCS ini, deket sama kos kan?


Diskominfo Co-working Space (DCS) ini juga merupakan kegiatan pengembangan dalam mewujudkan Jogja Smart Province, dimana nantinya masyarakat Jogja bisa lebih smart dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam mengembangkan industri kreatif digital melalui DCS.

Tujuan  dari implementasi Smart Province adalah untuk dapat membentuk dan menerapkan suatu wilayah yang aman, nyaman, terkendali dan mempermudah akses bagi warganya serta memperkuat daya saing wilayah tersebut dalam hal perekonomian, sosial dan teknologi. 

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah salah satu wilayah yang berpotensi dan memungkinkan untuk menerapkan konsep Smart Province. Smart Province atau Smart City adalah pengembangan dan pengelolaan kota dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menghubungkan, memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan atau dengan kata lain Kota yang mengetahui  permasalahan yang ada di dalamnya (sensing), memahami kondisi permasalahan tersebut (understanding) , dan dapat mengatur (controlling) berbagai sumber daya yang ada untuk digunakan secara efektif dan efisien dengan tujuan untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya”.

Salah satu dimensi terpenting dari Smart City/Smart Province adalah bahwa kota/wilayah seharusnya memberikan pelayanan yang menggunakan teknologi terkini, dan membangun infrastruktur yang pintar, sehingga dapat memberikan pelayanan yang efektif dan murah kepada seluruh masyarakat yang tinggal di kota/wilayah tersebut.
“Zaman berkembang luar biasa, kalau kita gini-gini aja ya jalan di tempat, tidak usah takut untuk menjadi kreatif yang penting kita memberikan services terbaik ke masyarakat dan tetap ada di track yang benar,” ujar Haryadi di hadapan peserta yang terdiri dari Kepala OPD di lingkungan Pemkot Yogyakarta serta camat dan lurah di seluruh Kota Yogyakarta.
Untuk mewujudkan hal ini semua tentu perlu adanya dukungan atau kolaborasi yang menghimpun dari beberapa kalangan, baik itu industri, pemerintah, pendidikan, komunitas, maupun masyarakat itu sendiri. Semoga saja dengan hadirnya Diskominfo Co-working Space (DCS) ini dapat membantu masyarakat Yogyakarta yang ingin berinovasi dan berkreasi dalam mengembangkan teknologi digital kreatif yang mendunia. Amin.

Jam Operasional Diskominfo Co-working Space (DCS) Yogyakarta

  • Senin - Kamis : Pukul 08.30 WIB sampai dengan Pukul 16.00 WIB
  • Jumat : Pukul 08.30 sampai dengan 14.30
“Tulisan ini diikutsertakan dalam kompetisi Pagelaran TIK yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika DIY”.

10 Responses to "Diskominfo DIY Co-working Space (DCS) Dengan Konsep yang Inklusif dan Aksesibel + GRATIS "

Centang kotak Notify me untuk mendapatkan balasan notifikasi komentar di email Anda.
  1. kota yang sudah megaplikasi smart city pasti banyak kemudahan terkini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas, semoga dengan adanya Coworking Space ini bisa membantu masyarakat dalam mengembangkan aplikasi atau inovasi nya lebih baik lagi.. Kapan ke jogja mas?

      Delete
  2. Wah jadi ingin kesana, dulu internet itu tergolong elit dan mahal. dan saya dulu juga pernah membuka tempat kursus di jogjakarta. Aduh jadi kangen jogja nih. Sepertinya saya tahu deh tempatnya.

    ReplyDelete
  3. dunia sekarang memang memerlukan kita menguasai teknologi walaupun ia kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, dengan adanya teknologi aktivitas yang kita lakukan sekarang ini lebih mudah dan efisien... Semoga dengan adanya DCS ini bisa lebih keren lagi :D

      Delete
  4. Kapaaan yang macam begini ada di Ende yaaaak hehehe. Sukses selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke jogja mba akhir tahun, sekalian liburan dan kesini wuehehe :D

      Delete
  5. ga sabar pengen ke jogja besok buat sewa kendaraan di automo.. liburan jadi lebih gampang ya mas

    ReplyDelete
  6. Wah menarik ini. Belum pernah coba setiap ke Jogja. Larinya lebih sering ke kedai kopi hahaha

    ReplyDelete
Jangan Scroll lagi! Sekarang kalau mau komen, tombol komentarnya udah pindah keatas. Kembali ke Atas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel