www.pi-sang.com -  Cinta Produk Handmade Lokal, Mulai Dari QLAPA.COM Untuk Indonesia. Menggunakan dan membeli produk handmade lokal merupakan suatu bentuk dukungan dan kecintaan kita terhadap tanah air ini. Selain unik, handmade atau kerajinan tangan asal Indonesia ini memiliki kekhasan yang menonjolkan kebudayaan masing-masing daerah yang ada di Indonesia.

Dengan hadirnya berbagai macam produk lokal kini mulai memberikan beragam pilihan kepada masyarakat terhadap kebutuhannya, mulai dari kebutuhan rumah tangga, aksesoris, hingga ke fashion. 

Kita sendiri bisa melihat sejak lima tahun terakhir pasar produk lokal di Indonesia semakin berkembang, dilansir dari data Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) mencatat sejak tahun 2011 hingga tahun 2015 PDB Ekonomi naik menjadi 852,24 triliun rupiah, serta laju pertumbuhan ekonomi kreatif nasional sebesar 5,46 persen setiap tahunnya. Hal ini berarti kualitas produk lokal tidak boleh dipandang sebelah mata, bahkan hasil dari karya-karya pengrajin lokal sudah berhasil menembus mancanegara.

Produk handmade lokal ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia maupun pasar mancanegara, karena dapat dilihat dari penggunaan material yang cenderung ramah lingkungan atau memanfaatkan bahan-bahannya dari barang yang tidak terpakai dan dibentuk menjadi sesuatu yang unik dan berkualitas.

Orang-orang dari mancanegara pun mengakui betul kalau kerajinan asal Indonesia memang berkualitas dan unik. Contohnya saja mulai dari patung, gelang, kalung, dan berbagai macam aksesoris untuk pria dan wanita juga menjadi tren fashion yang berkembang hingga saat ini. Serta ada beberapa contoh-contoh produk lokal Indonesia yang mendunia diantaranya yaitu.

Produk Handmade Lokal Indonesia Yang Mendunia : 

1. Batik

Batik tidak hanya diminati oleh masyarakat Indonesia saja, batik Indonesia juga sangat digemari oleh konsumen luar negeri. Potensi ekspor batik pada tahun 2015 yang dirilis langsung oleh Kementrian Perindustrian mencatat bahwa pada saat itu ekspor batik Indonesia ke luar negeri mencapai Rp. 41 triliun, bahkan jumlah tersebut lebih tinggi 6,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya. 

Keberadaan kain batik di mata dunia sudah tidak bisa dipungkiri lagi, kerajinan tangan hasil anak bangsa ini mampu memikat hati masyarakat di luar negeri karena motifnya yang memiliki ke khasan masing-masing daerah yang ada di Indonesia dan ditambah sentuhan paduan warna yang menawan.

2. Kerajinan Tangan 

Selain menyimpan kekayaan alam yang melimpah, Indonesia juga memiliki kekayaan lainnya yang diakui dunia juga dimana salah satunya adalah kerajinan tangan atau kreasi produk handmade lokal yang unik dan kreatif. Mulai dari kerajinan ukir kayu yang dimana kualitas kayu Indonesia dikatakan sebagai kualitas kayu yang unggul karena tumbuh didaerah yang tropis, lalu kerajinan tangan anyaman bambu, kerajinan keramik, kerajinan wayang, kerajinan-kerajinan untuk rumah dan dekorasi, kecantikan, dan masih banyak lagi.


3. Kuliner 

Produk lokal Indonesia lainnya yang tentunya juga mendunia ialah kuliner. Kuliner di Indonesia memang terkenal karena kelezatannya serta bumbu-bumbu didalamnya. Hasil dari produk kerajinan tangan masyarakat Indonesia ini seperti kerupuk atau keripik lalu berbagai cemilan-cemilan kecil roti, kue, kacang, serta berbagai produk makanan dan minuman yang juga tidak kalah lezat. 

Namun seiring berjalannya waktu minat masyarakat terhadap produk handmade atau kerajinan tangan semakin menurun, diakibatkan karena sulitnya mencari produk handmade yang original langsung dari pembuatnya. Belum lagi sistem marketplace yang populer di Indonesia belum ada yang menjual produk handmade yang mereka cari.

Hal ini tentu akan mengakibatkan permasalahan yang besar, karena pengrajin-pengrajin lokal akan kehilangan pekerjaannya, tidak adanya tempat untuk menampung hasil karya yang mereka buat dan kurangnya pemasaran yang luas kepada masyarakat yang memiliki minat terhadap produk handmade ini.

Karena melihat masalah itulah serta tren produk handmade dan kerajinan tangan Indonesia mendapatkan apresiasi dari pasar lokal dan international, kreator muda asal Indonesia ini memberikan solusi kepada masyarakat Indonesia dan pengrajin-pengrajin lokal yang dipertemukan dalam sebuah marketplace online bernama Qlapa.com sebagai tempat jual-beli khusus produk handmade dan kerajinan tangan lokal.

Pengunjung tidak perlu khawatir lagi karena disini pengunjung dapat membeli produk handmade langsung dari pembuatnya tanpa harus sulit mencari keliling Indonesia untuk mendapatkan produk handmade yang mereka inginkan. Qlapa.com menjual ribuan produk kerajinan tangan yang berasal dari ratusan hingga ribuan pengrajin lokal yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.


QLAPA.COM - Marketplace Online Jual Beli Produk Kerajinan Tangan Lokal Asli Indonesia

Qlapa.com didirikan pada tanggal 1 November 2015 oleh CEO Qlapa Benny Fajarai dan Fransiskus Xaverius sebagai CO-Foundernya. Qlapa didirikan dengan tujuan untuk memberdayakan kreatifitas dan inovasi para pengrajin handmade lokal untuk memasarkan produk kerajinan tangannya melalui marketplace online yang terhubung dan dapat dengan mudah diakses oleh pengunjung. 

Setiap transaksi di Qlapa.com juga menggunakan sistem rekening bersama (rekber), sehingga pembeli bisa melalukan transaksi dengan lebih nyaman dan terjamin keamanannya. Fitur-fitur lain yang ada di Qlapa ini juga memudahkan penjual seperti fitur perhitungan ongkos kirim serta manajemen pemesanan yang rapi yang dimana penjual akan merasa lebih nyaman dan dapat fokus pada produksi kerajinan tangan yang ia buat. Tidak hanya penjual saja, fitur yang ada di Qlapa juga memberikan kenyamanan kepada pembeli karena adanya fitur penawaran variasi produk dengan beragam jenis dan tipe warna yang pembeli sukai. 

QLAPA.COM Hadir Mendorong Industri Kerajinan Tangan Lokal Lewat Teknologi

Qlapa hadir tidak hanya mengikuti tren dan peluang yang ada di Indonesia saja, tetapi juga mendorong industri yang ada di Indonesia terutama kerajianan tangan yang dibuat oleh pengrajin-pengrajin lokal untuk dapat memasarkan produk handmade mereka ke ranah yang lebih luas lagi. 

Jika sebelumnya para pengrajin ini hanya ikut serta dalam sebuah pameran atau festival kerajinan tangan yang diadakan di beberapa kota di Indonesia, hal ini tentu akan membutuhkan biaya yang cukup besar agar dapat memarken hasil karyanya. Belum lagi masalah faktor keterbatasan waktu dan jarak menuju pameran atau festival tersebut, dan akhirnya pengrajin lokal ini hanya dapat mencakup pelanggan disekitar itu saja. 


Mengapa harus Qlapa.com?
Saat ini memang sudah banyak sekali bermunculan tempat-tempat pemasaran offline atau online untuk kerajinan tangan atau handmade ini. Namun setelah dilihat ternyata kurang efektif dan tidak proposional. Contoh saja seperti masalah diatas yang dimana pengrajin hanya dapat memamerkan karyanya melalui festival atau pameran yang diadakan di beberapa kota di Indonesia. 

Hal ini tentu akan menyulitkan pembeli dalam membeli produk handmade, karena pembeli pun harus ikut hadir dalam pameran tersebut agar dapat membeli produk handmade yang mereka inginkan. Dan untuk pemasaran online juga dinilai kurang efektif karena tidak adanya marketplace yang khusus untuk menjual suatu produk, seperti kerajinan tangan ini. 

Dengan hadirnya Qlapa.com penjual dapat menjual produk kerajinan tangan yang mereka buat di marketplace yang spesifik dan khusus untuk produk kerajinan tangan, dan pastinya penjualan akan terjual lebih cepat dan mudah. Dan tentunya pembeli juga akan merasa diuntungkan karena pembeli tidak perlu khawatir lagi jika ingin membeli produk handmade atau kerajinan tangan, karena di Qlapa.com sudah memberikan semua yang mereka butuhkan. 
22 Komentar
Tag
  • 22 Komentar
  • Stiker
    1. Suka dengan kerajinan tangannya.
      Keren-keren ya ..., terutama tokoh wayang.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya mas produk Indonesia emang unik dan keren, beda deh sama yang lainnya hhe :D

        Delete
    2. Qlapa memang keren, semoga produk-produknya semakin mudah dicari oleh para pembelinya.
      Dan tentunya semoga Qlapa semain maju dan sukses..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Oh, iya, btw, nama instagram pi-sang kok ganti, Mas? Kenapa?

        Delete
      2. Amin mas, dan produk Indonesia juga bisa masuk dalam ekonomi global dan bisa bersaing dengan produk produk luar negeri juga hhe. Iya nih mas, ganti sementara aja..

        Delete
    3. Wah produknya kece-kece ya! Semoga akan terus bergema dan semakin besar namanya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. ... bergemaa ..., bergemaa ..., bergema di udara 🎶🎵 #KakTutehLagiNyanyiTuuh 😅

        Delete
    4. Suka banget produk handmade, modelnya gak pasaran, bahannya bagus dan pasti unik kreatif

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hehehe iyadong mas hendra, harus unik dan menarik supaya peminatnya jadi lebih banyak :D

        Delete
    5. Ada yang beda dari website ini, temanya ceria

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya nih mas, semoga bisa bertahan dan bisa dikenal oleh banyak orang lagi hhe

        Delete
    6. Produk-produk di Qlapa memang bagus-bagus. Indonesia banget :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iyaaa nih kita harus mencintai produk produk Indonesia dan di qlapa menyediakan hal itu jadi akan sangat memudahkan pelanggan yang ingin mencari produk buatan lokal tersebut.. jadi tidak perlu lagi mencari ke berbagai kota yang ada di Indonesia, di qlapa ada dan produknya asli pula

        Delete
    7. Wah, aku malah baru soal Qlapa ini.
      Makin banyak aja ya e-commerce di Indonesia walau segmentasinya beda2.
      Ntar coba aku kepoin ah kali aja ada yang ditaksir :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya mas, kebanyakan ecommerce yang ada di Indonesia ini menjual produk beraneka ragam, jadi memberikan banyak pilihan kepada banyak masyarakat, tidak ada yang hanya fokus berjualan 1 jenis produk saja seperti qlapa ini... Jadi pelanggan akan lebih mudah mencari produk lokal melalui qlapa ini

        Delete
    8. salam mas Andre, pertama kali mengunjungi blog Pi-sang ini langsung kagum.

      pasalnya pada paragraf ketiga tepatnya pada kata "...dilansir dari....".
      menurut saya ini keren memberi sekaligus meyakinkan pembaca bahwa apa yang ditulis ada dasarnya. Nice mas.

      Terkait dengan produk Indonesia, setuju bangat mas, sekaranglah saatnya kita (baca: Produk lokal) harus menjadi tuan di negeri sendiri. Sekali lagi ini keren, supaya menyadarkan khalayak untuk melihat potensi besar negeri ini. Jangan memandang dan mendewakan produk luar... Kagum. terus berkarya mas, salam sukses

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salaman kenal Kaka Vila, terima kasih yaa sudah berkunjung ke blog saya pi-sang.com ini hhhe, semoga bisa betah dan kembali kesini lagi :D.

        Hehe benar mas/mba melansirkan data dalam suatu artikel adalah hal yang sangat penting, supaya aartikel yang disampaikan ada dasarnya.. yaitu data itu sendiri, dan semoga dari data yang ada ini Indonesia bisa lebih maju dan berkembang lagi dalam urusan produk kreatif ini supaya bisa lebih banyak bersaing lagi dengan produk global, dimulai dari qlapa untuk Indonesia yang lebih maju

        Delete
    9. Sebenarnya kalau kita mau telusuri negara kita kaya akan kuliner serta kerajinan seperti batik dan lain jenisnya yang tak kalah dari product Asia dan eropa lainnya..😃😃

      ReplyDelete
      Replies
      1. Betul sekali mas, Indonesia memang sebenarnya kaya sekali melebihi negara negara diluar sana, tetapi hanya kurang dimanfaarkan sumber daya nyaa

        Delete
    10. produck dari handmade memang bagus,

      ReplyDelete

    KETENTUAN BERKOMENTAR :

    Jika Masih ada yang belum jelas bisa bertanya pada kolom komentar dibawah,

    atau menghubungi saya melalui Halaman Kontak.

    Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan isi artikel diatas.

    Semua komentar dengan menambahkan link aktif akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

    Centang kotak Notify me untuk mendapatkan balasan notifikasi komentar.
  • :))
    :((
    :D
    :(
    :)
    :-)
    ;)
    =))
    :p
    =.=
    ==
    ^_^
    /=he
    :*
    /=r
    /=l
    :v
    /=ok
    /=clap
    (y)
    (yy)
    /=hi
    /=j
    /=hup
    /=hd
    /=hl
    /=hr
    /=s
    <3