HOME!

Selamat Datang di Rumah.

Pilih bahasa :

7 Alasan Penting Mengapa Menabung Uang di Bank itu Perlu

7 Alasan Penting Mengapa Menabung Uang di Bank itu Perlu

www.pi-sang.com - " Sedikit demi sedikit, lama - lama menjadi bukit...", pepatah yang pastinya sering kita dengar sewaktu masih kecil bahkan hingga saat ini. Ketika kita masih kecil kita sering sekali mendapat arahan dari orang tua kita, untuk selalu rajin menabung dari uang jajan yang kita miliki ataupun uang hasil pemberian dari orang lain.

Tidak hanya di rumah saja, bahkan di sekolah pun guru-guru mewajibkan kepada para siswanya untuk memiliki buku tabungan, yang mana setidaknya harus diisi seminggu sekali. Biasanya uang hasil tabungan tersebut digunakan untuk kegiatan-kegiatan belajar di luar sekolah atau study tour.   Dengan metode ini guru tentunya berusaha menanamkan jiwa untuk senang menabung kepada para siswanya bahwa dengan menabung sedikit demi sedikit bisa memberikan sesuatu yang menyenangkan di hari kelak.

Setiap orang pasti membutuhkan uang untuk melakukan segala aktifitasnya, seperti membeli kebutuhan rumah tangga, membeli makanan sehari-hari, ataupun hal lainnya dan untuk memenuhi segala kebutuham tersebut pasti harus mengeluarkan sejumlah uang agar apa yang kita butuhkan dapat terbeli.

Ya, jadi uang memang memegang peranan yang super penting dalam hidup kita saat ini. Oleh karena itulah kita semua dihimbau untuk menabung. Bahkan bank-bank pun sudah memberikan fasilitas tabungan bagi anak kecil agar kebiasaan menabung sudah dimulai sejak dini. Ini semua terjadi karena kesadaran banyak orang akan pentingnya uang dan bahayanya jika tidak memiliki uang di saat yang diperlukan.

Melihat hal itu, pihak otoritas keuangan dalam hal ini OJK (Otoritas Jasa Keuangan) membantu orang tua untuk mengajarkan perencanaan keuangan kepada anaknya melalui program tabungan yang dinamakan SIMPEL yang baru saja diluncurkan. SIMPEL yang merupakan singkatan dari Simpanan Pelajar, yaitu tabungan anak yang diciptakan khusus untuk kalangan pelajar. Tabungan diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia, dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik, dalam rangka edukasi dan inklus keuangan untuk mendorong budaya menabung. Inklusi keuangan sendiri  adalah kemudahan akses untuk mendapatkan informasi mengenai keuangan. Tabungan pelajar SIMPEL dicetuskan oleh pemerintah dan dijalankan oleh OJK. Produk tabungan pelajar SIMPEL (simpanan pelajar) memiliki beragam manfaat bagi untuk buah hati anda. Dengan membuka tabungan pelajar SIMPEL memberikan mereka pengalaman belajar untuk membangun budaya gemar menabung dan melatih mengelola keuangan mereka sendiri.

Meski banyak pihak yang sudah menekankan pentingnya menabung dan banyaknya fasilitas tabungan yang diberikan oleh bank kepada masyarakat agar dapat membantu mereka dalam menabung, ternyata masih banyak juga orang yang tidak menganggap menabung itu penting. Apakah kamu salah satunya? Jika ya, segera simak 5 alasan mengapa kamu benar-benar harus menabung.

  1. Menghindarkan kita dari sifat yang boros
  2. Uang tabungan bisa digunakan untuk hal-hal yang tak terduga
  3. Menghindarkan kita dari berhutang
  4. Melatih kita untuk lebih bijak dalam menggunakan uang.
  5. Persiapan hari tua
  6. Perencanaan pendidikan anak yang lebih baik
  7. Dapat digunakan sebagai modal usaha [kelak].

Di Indonesia ini banyak sekali lembaga keuangan yang bisa menjadi rujukan bagi masyarakat untuk menabung atau menyimpan uangnya. Lembaga-lembaga tersebut ialah bank, koperasi, perusahaan asuransi, pasar modal, dan masih banyak lagi. Namun dari lembaga-lembaga keuangan yang ada tersebut masyarakat lebih memilih untuk menyimpan uangnya di bank.

Bagi kebanyakan orang menabung di bank adalah cara terbaik untuk menabung, karena dengan kita menabung di bank uang yang kita simpan tentu akan lebih aman jika dibandingkan menabung dirumah ataupun diluar bank. Resiko yang terjadi jika menabung dirumah atau diluar bank seperti, rumah yang kebakaran, rumah kebanjiran, bencana alam, dan masih banyak lagi. Ketika resiko itu terjadi, uang yang disimpan dirumah atau diluar bank jelas tentu akan ikut hilang, dan akhirnya kita tidak memiliki dana cadangan sebagai modal awal ketika musibah itu terjadi.


Ditulis Oleh: Andrie Kristianto
Diterbitkan pada: Tanggal
Total Jumlah Komentar Pengunjung: 13
Informasi
Jika artikel diatas bermanfaat, Silahkan di bagikan dengan klik tombol yang ada di bawah ini.
Previous Post
Halaman Sebelumnya »
Buka Komentar

13 comments

jadi ingat waktu sd dulu, ada program tabungan juga sih. tapi sekolah yang pada nyimpan. bukan di bank

Balas

Menabung itu memang baiknya diajarkan sejak kecil ya mas

Balas

lebih aman ketimbang di celengan yang di rumah

Balas

Anak saya yang SD dan PAUD juga sudah mulia nabung mas ,,,meski cuma 5000 sehari tapi lumayan kalau setahun ya bisa 1 juataan sekalian mendidik anak anak untuk hemat

Balas

Di sekolah SD anakku dulu ada kegiatan ekskul di sekolah. Seminggu 2x. Mengajarkan disiplin buat jadi kalau punya uang prioritaskan membanun :D

Balas

Usually, I've never commented on blogs but your article is so convincing that I've never stopped myself to say something about it. You're doing a great job Man. Best article I have ever read

Keep it up! from http://halloweendayusa2018.com/

Balas

wah, setuju banget ini mas.
menabung di Bank emng lebih penting dan aman.
tentunya juga perlu dilakukan sejak dini, supaya kedepannya kalo kepepet bisa dipakai tabungannya hihi

terima kasih sudah sharing, mas! :)

Balas

Adek gue yang SMA punya tabungan SIMPEL. Mana udah jutaan lagi isinya. Pengen gw rampok deh, hahaha


#jahad

Balas

Kegiatan ini penting banget.
Selain mengajarkan anak sadar pentingnya menabung juga belajar ngirit, ngga boros.

Balas

Menyisihkan sebagian dari uang saku utk menabung memang perlu ditanamkan pada anak2 sejak dini sehingga mereka lebih menghargai uang dan bisa mempergunakannya dgn bijak.

Balas

sejak SD saya suka menabung, tapi ditengah-tengah perjalanan selalu diambil lagi uangnya jadi belum pernah dapet gede wkwk

Balas

bagus lagi ke bank jali mz kikiki, tapi mayoritas anak anak sekarang sudah nabung ke sekolah dan pihak sekolah yang nyetornya ke bank jadi anak anak sedikit dimudahkan

Balas

Bank masih menjadi tempat menabung favorit bagi masyarakat. Selain sistemnya mudah, juga menguntungkan. Anak saya juga sudah diajarkan menabung sejak kecil di sekolahan dengan memiliki buku tabungan. Jangan lupa juga, menabung yang paling penting adalah menabung untuk akhirat, hehehe

Balas

Komentar aja asal gak spam :')