Beberapa hari yang lalu disaat saya sedang mengerjakan tugas kuliah, tiba-tiba ada telepon yang masuk. Setelah saya cek dan lihat, ternyata orang tua di belitung menelepon saya di jogja. Segeralah saya angkat panggilan dari orang tua saya tersebut,

Andrie : "Hallo Pak...  " sapa ku terlebih dahulu.
Bapak  : "Hallo juga dek, lagi ngapain? ... Liburan panjang ini mau kemana?" 
Andrie : "Lagi kerja tugas kuliah nih pak, kalau liburan panjang besok kayaknya bakal pulang ke belitung nih pak, udah kangen rumah nih hha".
Bapak  : "Yaudah, besok liburan panjang kuliahnya ke belitung aja. Jalan-jalan sama nenek, sama mas juga." 

Begitulah percakapan saya dengan orang tua saya di belitung, setelah sekian lama saya kuliah di jogja. Dari pertama masuk hingga saat ini (Semester 4) kurang lebih sekitar 2 tahun-an, tidak pernah lagi pulang ke belitung. Dikarenakan banyak sekali proyek, lomba, kegiatan, organisasi yang saya ikuti dan tidak bisa jauh-jauh dari jogja dan meninggalkan kota jogja.

PULAU BELITUNG



Belitung itu dimana sih? Setelah saya tanya orang dan juga teman-teman ternyata banyak juga yang tidak tau letak belitung ada di mana, apakah sebuah tempat, pulau, atau bahkan ada yang menyangka bahwa bangka dan belitung merupakan satu kepulauan. Jika kita melihat di google maps diatas, belitung tepat sekali berada diatas Jakarta atau berada antara Pulau Bangka dan Pulau Kalimantan.

Belitung dulunya merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan, namun pada tahun 2000 Bangka dan Belitung memisahkan diri dan membentuk Provinsi Bangka Belitung, dengan ibukota di Pangkal Pinang, Bangka.

Belitung memang pulau yang kecil jika dibandingkan pulau-pulau lainnya yang ada di Indonesia ini, namun keindahan alam Belitung yang menjadi tempat syuting film laskar pelangi ini ternyata memiliki ciri khas-nya sendiri dalam hal menarik banyak para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung dan menikmati keindahannya secara langsung.

Banyak sekali kecantikan yang tersimpan di Pulau Belitung ini, mulai dari pantai dengan pasir putihnya yang indah, tempat rekreasi bersama keluarga, tempatnya yang romantis, makanannya yang lezat, penduduknya yang ramah, tiket yang murah jika melalui beberapa jalur. Banyak sekali alasannya yang membuat pulau belitung ini wajib untuk dikunjungi saat liburan panjang.

CARA MENUJU KE PULAU BELITUNG

Untuk menuju Pulau Belitung ini bisa dari mana saja, bisa dari sumatera bisa dari kalimantan bisa dari jawa dan daerah lainnya. Namun tentunya harga yang ditawarkan juga pasti akan beragam, baik itu Tiket Pesawat ataupun kapal. Untuk menuju Pulau Belitung pun hanya bisa dilalui oleh jalur air dan udara saja. Karena lokasi Pulau Belitung yang berada di tengah laut tidak memungkinkan untuk jalur darat. Hehe.

Untuk menuju ke Pulau Belitung saya sarankan untuk naik pesawat saja, karena selain bisa cepat sampai tujuan juga harga yang ditawarkan terjangkau. Apalagi waktu itu saat saya memesan Tiket Pesawat Garuda Indonesia untuk pergi ke belitung sangat memuaskan sekali. Kenapa? Karena fasilitas yang ditawarkan Garuda Indonesia sangat lengkap dan harga yang diberikan pula terjangkau.

Untuk pesan tiket pesawat juga sangat mudah sekali, di zaman yang serba canggih gini apasih yang gak ada, tinggal buka handphone pencet pencet pencet selesai, apa yang kita inginkan pun langsung dapat, jika tidak ada pun kita diberikan solusinya.

Kalau saya sendiri biasanya memesan tiket di Skyscanner, karena di skyscanner kita bisa membandingkan harga tiket dari beberapa maskapai yang ada di Indonesia dengan mudah. Langkah Pertama, Tinggal buka langsung websitenya di www.skyscanner.co.id lalu ketikkan lokasi berangkat, lokasi tujuan, dan tanggal berangkat lalu cari deh penerbangannya.


Langkah Kedua, Setelah menekan tombol 'cari penerbangan' kita akan dialihkan ke halaman selanjutnya, yaitu daftar perbandingan pilihan harga yang beragam dari berbagai maskapai yang ada di Indonesia. Jika sudah fix dengan harga tiket dan maskapai yang dipilih maka tinggal langsung tekan tombol 'pilih' untuk memesan tiket pesawatnya.


Langkah Terakhir, Setelah menekan tombol 'pilih' maka kamu akan langsung diarahkan ke halaman selanjutnya, yaitu daftar perbandingan harga yang beragam dari berbagai agen penerbangan yang memberikan harga yang bervariasi. Tinggal kalian pilih sesuai dengan yang kalian inginkan lalu pilih deh tombol 'pesan' dan kalian bisa langsung mendapatkan tiket yang sesuai dengan yang keinginan kalian, seperti lokasi tujuan yang diinginkan, lalu tanggal dan waktu yang yang diinginkan, dan lain sebagainya.


APAKAH SKYSCANNER BISA MEMESAN TIKET PESAWAT ONLINE VIA SMARTPHONE?

Tidak perlu khawatir juga untuk pesan tiket pesawat di skyscanner via handphone, karena skyscanner juga hadir di smartphone, kalian tinggal install aplikasinya di handphone yang kalian miliki lalu pesan deh tiket pesawatnya. Skyscanner membantu pengguna untuk memesan tiket pesawat secara online dan membandingkan harga tiket, hotel, dan sewa mobil secara mudah dengan klik dan pesan.

Bicara soal belitung nih, seperti yang sudah saya ceritakan diatas bahwa belitung itu punya banyak sekali tempat wisata yang diakui dunia tentunya. Belitung itu terkenal dengan pantainya yang memiliki pasir yang putih dan suasana yang nyaman. Semenjak belitung menjadi tempat syuting film laskar pelangi dan film ini sukses laku di pasaran, popularitas belitung pun semakin menanjak dan banyak dikunjungi baik oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung.

Sudah di Belitung nih, enaknya kemana dulu?
Saya jalan-jalan ke belitung terakhir kali 2 tahun yang lalu saat saya lulus dari sekolah menengah akhir atau SMA bersama dengan keluarga besar. Namun saat ini belitung sudah jauh lebih maju dibandingkan dulu, pariwisatanya bertambah banyak, tempat buat nongkrong juga ada, kulinernya beragam dan masih banyak lagi.

Apalagi pas lihat langsung vlognya mas khairulleon di youtube yang dimana dia jalan-jalan ke belitung, membuatku termotivasi buat pulang ke belitung secepatnya. Tidak sabar lagi buat menikmati Pulau Belitung dengan berbagai pariwisatanya, kulinernya, tempat nongkrongnya, dan tempat lainnya yang pastinya seru bangeett!

Pulau Belitung ini sendiri terbagi menjadi 4 bagian yaitu Belitung Barat, Belitung Timur, Belitung Utara, dan Belitung Selatan. Kalau udah sampai belitung pasti kalian gak bakal nyangka kalau belitung itu luas banget. Apalagi di belitung ini sangat minim sekali buat nyari angkutan umum, susah lah pokoknya.

Jadi buat kemana-mana itu jauh banget, dari belitung timur ke belitung barat aja sampe memakan waktu hampir 1,5 jam - 2 jam. Nah kalau di Belitung Barat ini banyak banget tempat wisatanya, kayak Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Pendam, Bundaran Batu Satam Kota, dll. Sedangkan di Belitung Timur itu di manggar, ada museum kata Andrea Hirata, lalu ada kampung Ahok dan si Lintang. Jadi buat kalian yang mau nostalgia mampir ke sekolah laskar pelangi datanglah ke manggar.

Sekolah Laskar Pelangi, Manggar.

Buat kalian yang mau jalan-jalan atau keliling-keliling di Pulau Belitung ini sangat saya sarankan buat menyewa mobil, apalagi kalau ramai-ramai. Karena di belitung itu panas banget, kalau naik motor ya bisa cuma nanti gosong. hehe

Buat sewa mobil kalian bisa memesan lewat aplikasi mobile skyscanner, udah install kan tadi? Nah, di aplikasi ini kita bisa pesan tiket, pesan sewa kendaraan, dan sewa hotel, praktis kan. Pesan 3 layanan dalam 1 aplikasi keren banget.

Langkah Pertama, buka aplikasi skyscanner yang udah kalian install tadi, lalu pilih deh 'sewa mobil' yang ada di layar handphone kalian.

Langkah Kedua, tentukan lokasi penjemputan yang kalian inginkan lalu pilih tanggalnya. Di aplikasi ini juga kita bisa menentukan umur pengemudi dari mobil ini loh, mau diatas 25 tahun atau dibawah 25 tahun. Jika ya maka dicentang aja, jika tidak ya centangnya diilangin.


Langkah Terakhir, nah langsung deh pilih mobil apa yang ingin kalian pesan, dan pesan deh mobilnya. Maka kamu akan langsung diarahkan ke pemilik dari mobil tersebut.


Mudah banget ya pakai aplikasi skyscanner, tinggal klik dan pesan aja. Lumayan lah menghemat waktu dan tenaga, sekarang bisa langsung deh jalan-jalan ke belitung cuma lewat aplikasi skyscanner, mudah dan memuaskan. Aplikasi banding harga dengan sekali klik dan pesan aja.

Nah sebelumnya juga saya sudah cerita kalau di belitung itu kaya akan wisata alamnya, kulinernya, dan berbagai hal yang menarik di belitung. Selain tempat wisata yang menarik juga belitung memiliki kulinerannya yang enak, seperti contoh saja gangan dan mie belitung.

Selain mie belitung, gangan juga merupakan salah satu kuliner khas yang ada di belitung. Gangan ini sejenis sup ikan yang memiliki citarasa istimewa. Paduan rasa asam dan pedas kuahnya yang berwarna kuning demikian segar di lidah. Daging ikannya yang gurih sangat pas disajikan bersama sepiring nasi panas.


Sekilas, penampilan sup ini mirip gulai. Namun bedanya, sajian ini tidak menggunakan santan. Warna kuning di dalamnya didapat dari warna alami kunyit, salah satu bahan rempah sup ini.

Selain kunyit, bahan rempah atau bumbu yang menciptakan citarasa spesial pada masakan ini di antaranya adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, lengkuas, sereh, kemiri, dan asam. Selain kunyit, bahan rempah atau bumbu yang menciptakan citarasa spesial pada masakan ini di antaranya adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, lengkuas, sereh, kemiri, dan asam.

Sementara beberapa ikan yang biasa dimasak menjadi gangan adalah ikan ketarap, kakap merah dan ikan bulat, terutama bagian kepalanya. Gangan dianjurkan dimasak pedas karena aroma pedas dapat menetralkan bau amis pada ikan. Cara memasaknya, semua bahan utama dan bumbu langsung direbus bersama-sama tanpa ditumis terlebih dahulu.

Masyarakat Belitung senang menyantap langsung Gangan sesaat setelah matang dalam keadaan masih hangat. Dianjurkan untuk tidak menghangatkan lagi sajian ini karena dapat mengubah citarasa aslinya.

LIBURAN PANJANG DI PULAU BELITUNG!
Nah Kalau liburan panjang kalian habiskan di Pulau Belitung ini juga sangat saya sarankan buat menyewa hotel juga. Karena yah mau nginep dimana gitu kan, kalau gak ada saudara atau keluarga di belitung ya mending nginep di hotel. Belitung itu banyak banget kok hotelnya, kalau mau praktisnya yah langsung buka aplikasi skyscanner, langsung sewa hotel lewat aplikasi skyscanner.

Gampang kan, mau kemana-mana tinggal bekal aplikasi skyscanner udah bisa menjelajahi belitung bahkan dunia, wow! Kalau mau liburan ke belitung itu jangan nanggung-nanggung, kalau udah kangen tanggung sendiri akibatnya. Hehe

Kalau mau jalan-jalan ke belitung kasih-kasih kabar ke saya yaahhh, siapa tau bisa jalan bareng, hehe :D.
Pulau Lengkuas, Belitung.

APA SIH SKYSCANNER ITU?

Banyak banget yang nanya, terutama keluarga dan temen-temen kuliah. Setiap kali liburan kemanapun saya tidak pernah khawatir akan sesuatu, seperti budget, setelah disana mau ngapain, lalu disana nginep dimana, dan lain sebagainya. Saya selalu pede buat jalan-jalan kemanapun ke tempat yang ingin saya kunjungi. 

Karena setiap saya traveling saya selalu membawa aplikasi Skyscanner di smartphone yang saya miliki. Skyscanner adalah situs pencarian perjalanan global terkemuka, tempat dimana orang terinspirasi untuk merencanakan dan memesan langsung dari jutaan opsi perjalanan dengan harga terbaik. 

Di Skyscanner kalian bisa membandingkan harga dari beberapa maskapai yang ada di seluruh dunia, dan kalian bisa memilih maskapai mana yang ingin kalian pesan. Tidak hanya untuk pesan tiket pesawat saja, di skyscanner juga kalian bisa pesan hotel buat kebutuhan nginep pas traveling dan juga sewa mobil buat melengkapi kegiatan traveling kalian kalau mau explore ke berbagai penjuru yang ada di dunia.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SKYSCANNER 

Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan semisal kita menggunakan skyscanner sebagai partner perjalanan traveling kita atau yang hanya sekedar pesan tiket pesawat, sewa mobil, dan hotel saja. 

1. Selalu Diingatkan
Saat kalian sudah pernah memesan tiket pesawat, sewa mobil, ataupun hotel dan menyimpannya dengan menekan icon 'bintang' yang terdapat pada pojok kanan atas pada layar handphone kalian. Maka hasil pesanan kalian akan langsung muncul di halaman depan aplikasi skyscanner tersebut. Jadi kita akan langsung diingatkan bahwa kita pernah melakukan pemesanan. 


Menurut saya fitur ini sangat penting sekali bagi saya, karena saya bisa tau apa yang sudah pernah saya pesan sebelumnya di aplikasi skyscanner ini. 

2. Mendapatkan Update Harga Terbaru 
Nah ini dia nih, biasanya setelah kita memesan tiket pesawat, sewa mobil, hotel dan lainnya kita hanya mendapatkan harga tetap dari pesanan yang sudah kita pesan. Namun di aplikasi skyscanner ini kita bisa mendapatkan update harga terbaru dari pesanan yang sudah kita pesan melalui email yang kita daftarkan di skyscanner. Apalagi pas updatenya dapat harga yang murah dari sebelum kita pesan, beruntung banget kan.


Apalagi jika kalian berlanggan dengan newsletter skyscanner maka kalian tidak hanya mendapatkan harga terbaru saja, tapi juga berbagai promo-promo pariwisata lainnya baik yang ada di Indonesia maupun yang ada di dunia. Keren kan?

Banyak banget lah keuntungan yang dimiliki aplikasi skyscanner ini, 3 layanan dalam 1 aplikasi (Pesan Tiket Pesawat, Sewa Mobil, dan Hotel). Puas banget lah pokoknya, buat kalian yang penasaran, bisa langsung install aja dibawah ini :D. Ayok Jelajah Nusantara Bersama Skyscanner!

 Aplikasi Android Skyscanner  Aplikasi iOS Skyscanner

Tunggu saya dengan cerita saya di belitung besok, yakin nih gak mau ikut juga Menikmati Liburan Panjang di Pulau Belitung?
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.
132 Komentar
Tag
  • 132 Komentar
  • Stiker
    1. Ajak aku, Mas untuk bisa kesna..hehe
      Keren ya pemandangannya, terlebih sebagai seorang blogger, tentu bakal banyak banget momen yang bisa diceritakan. Wah, kalau aku kesitu pertama kali pengen ke sekolah laskar pelangi itu.

      Asal ada uang, yang lain pun gampang..hehe
      Semoga bisa ke belitung..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Boleh nih mas pas liburan panjang besok, keren banget dong kalau ke belitung.. Jadi kangen belitung nih mas hehe.. Hemmm boleh nih ke sekolah laskar pelangi bareng hehe, nanti jangan lupa diceritakan di blog nya ya mas kalau abis kesana hehe..

        Hem yang penting ada aplikasi skyscanner nya dong mas, lengkap bnget buat travelling kemana mana, karena 3 layanan dalam 1 aplikasi hehe, (Pesen Tiket Pesawat, Sewa Mobil, dan Hotel), mudah lah tinggal download di smartphonenya hehe
        Amin semoga bisa ke belitung bareng :D

        Delete
      2. belitung salah satu wahana wisata yang kini semakin populer ya...

        ini juga termasuk aset pedapatan PemDa setempat ya Mas

        Delete
      3. betul banget tuh mas, semakin sejahtera juga rakyatnya karena banyak wisatawan yang berkunjung.. Bisa jadi pendapatan yang besar dan pemasukan buat pemerintah... jangan lupa ke belitung ya mas :D

        Delete
    2. Laaaah.. itu pantainya cakep banget. Huhuhu, kenapa kita-kita gak diajak. Duh duh, jadi pengen liburan ke Belitung juga.. Bagus banget itu pantainya ^_^

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pasti dong mba eri, di belitung emang keren banget. Makanya pengen balik lagi kesana buat ngabisin liburan panjang besok.. Yuk mba liburan panjang besok liburan bareng di belitung :D

        Delete
    3. bagus-bagus ternyata ya view di Bangka Belitung, paling ingat cuma laskar pelangi saja mas soalnya suka banget sama film ini :)
      semoga liburan ini bisa kesana....

      ReplyDelete
      Replies
      1. Yashh iya mba filmnya emang keren banget. Sampe saya tonton berulang ulang di kos, haha.. sanking kangennya nih :v

        Delete
    4. Belitung yang dirindukan. Pernah kesana tahun 2015, pemandangannya memang bikin berdecak kagum.

      ReplyDelete
      Replies
      1. kangen maen ke belitung lagi gak nih mba :v

        Delete
    5. Wah mantep ya pasti pemandangan disana

      ReplyDelete
    6. Howaaaa ... pengin nangis di pojok kamar akh gegara lihat pantai Belitung sekeren itu ...

      Bebatuannya itu,loh.
      Khas banget bentuknya 😉

      ReplyDelete
      Replies
      1. waduh emang bentuknya seperti apa mas.kok khas nih :v, ayok kebelitung mas.. asik nih banyak yang mau ke belitung *siap siap

        Delete
      2. Bentuk batunya kalo kulihatin khas banget .. beda dengan pantai yang lainnya.

        Airnya juga jernih banget kayak pantai-pantai di Gunung Kidul.

        Ntar kalo aku kesampaian kesana, mas Andrie jadi guidenya ya 😁

        Delete
    7. selamat menikmati hari libur ya

      ReplyDelete
      Replies
      1. terima kasih mas, jangan lupa buat main ke belitung ya :D

        Delete
    8. Saya Orang Sumatera Mas, namun belum pernah ke Pulau Belitung. :)

      Ingat Belitung saya pasti ingat dng "Film Laskar Pelangi " yg mas katakan diatas, selain Panoramanya yang Indah Kesananya Cukup Mudah dng Menumpang Pesawat.

      Ohy.... Slamet yach mas...Dapat Job / sponsor artikelnya.Hihihi.... :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya mas, banyak orang mengenal belitung dengan filmnya, bahkan saya pernah bertanya ke orang, " Tau belitung Gak? " mereka bilang gak tau, abis itu saya tanya lagi " Tau Film Laskar pelangi gak? " Mereka langsung spontan jawab tau film tersebut, sambil mendiskripsikan berbagai macam wisata dan kulinernya secara lengkap dan panjang.

        Setelah itu saya langsung kaget, banyak orang yang mencintai pulau belitung dengan pariwisata dan kulinernya, saya sebagai orang belitung seneng banget.. Jadi pengen ke belitung dan mencertiakannya segera disini haha :D

        Terima kasih Kang Nata

        Delete
    9. Semoga dikasih panjang umur sehingga masih ada kesempatan untuk keliling Indonesia, dan salah satunya ke negerinya Laskar Pelangi :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya nih mba, saya sangat bersyukur sekali masih diberi nafas hingga saat ini dan bisa berkeliling di berbagai kota. Semoga saja untuk kedepannya saya masih bisa menikmati kota kota lainnya, terutama pulang ke belitung :D

        Mau ikut juga gak nih mba wiwin? hhe

        Delete
    10. WOW! Belitung ini sudah masuk list deatinasi saya untuk dikunjungi. Apalagi semenjak bebrapa kali ngelihat teman-teman lama yang honeymoon dibelitung. Jadi semakin pengen banget

      ReplyDelete
      Replies
      1. wahhh jadi pengen honeymoon di belitung juga ya mba, ajak tuh suaminya buat main ke belitung... pasti nagih :v

        Delete
    11. Belum pernah aku liburan keluar kota apalagi naik pesawat :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. wahhh bisa nih dicoba coba, naik kapal juga bisa kok mas buat ke belitung.. terus pesen sewa mobil atau sewa hotel buat tempat tinggalnya kalau gak ada keluarga atau besan di belitung.

        Semua bisa kok mas asal ada kemauan :D

        Delete
    12. Kalau boleh tahu kulinernya apa ya mas?? Biar makin semangat ke pulau Belitung..

      ReplyDelete
      Replies
      1. wahhh iya nih mas.. untuk kulinernya banyak banget... seperti gangan dan lain sebagainya, apalagi kalau mas ridsal ke badau wuhh itu kulinernya enak enak bangettt :D, biar penasaran hhe, kalau diceritain semua gak suprise nih :v

        Delete
    13. Pantainya keren. Pernah rencana libur ke Belitung tapi gagal karena tiba-tiba ada pekerjaan mendadak. Sedihnya tuh sampai ke ubun-ubun. Hiks.

      ReplyDelete
      Replies
      1. waduhhh mungkin liburan panjang besok bisa nih ke belitung ya mba :D

        Delete
    14. Cantik kan..

      Pulau Belitung.

      boleh juga pergi untuk libur suatu hari nanti

      ReplyDelete
      Replies
      1. amin, semoga bisa tercapai ya mas hanafi, amin

        Delete
    15. Wah keren.. indah banget pantai-pantai di Belitung..
      Itu pulau Lengkuas cantik bsnget view nya..
      Amazing place ya? Saya pecinta pantai.. Moga suatu saat saya bisa travelling menikmati pantai Belitung yang elok...

      ReplyDelete
      Replies
      1. aminn semoga ya mba bisa berkunjung di belitung dan menikmati pantai di belitung :D

        Delete
    16. Ayo semua ke Belitung dengan menggunakan skyscanner 😂😂

      ReplyDelete
      Replies
      1. ayoo pake skyscanner mas buat jalan jalan, 3 layanan dalam 1 aplikasi.. lebih mudah :D

        Delete
    17. indah gambarnya
      met berlibur kawand ya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Terima kasih mas :d, Ikut liburan juga yuk mas menikmati liburan panjang di Pulau Beitung sama sama :v, dijamin hemat dan memuaskan lah... bikin kangen :v

        Delete
    18. Wah mesti siapin kocek yang tebal nih buat pergi ke Pulau Belitung

      ReplyDelete
      Replies
      1. gak juga kok mas, dengan backpackeran juga bisa, gak harus pake budget yang gede buat ke belitung, makanya pake aplikasi skyscanner biar bisa bandingin harga dari beberapa agen atau maskapai atau hal lainnya di dalam aplikasinya,tinggal download aja di smartphone mas dwi :D

        Delete
    19. pulau belitung.. pulaunya para laskar pelangi nih.. melegenda.. ^^

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya nih mas Pulau Belitung emang terkenal dengan filmnya, tapi gak cuma film, di belitung itu ada macem macem, gak cuma pariwisatanya, kulinernya, tapi masih banyak lagi :v, yuk langsung aja ke belitung buat nikmatin langsung lokasinya :D

        Delete
      2. wah.. pengen sekali kesana bang..
        cuman nunggu ada pasangannya dulu.. biar makin seru.. #eh

        Delete
      3. waduhh :v, makanya cari pasangan biar bisa cepet kesana hhe :D

        Delete
    20. cantiknya pulau belitung ini , bang domainnya expired semua ya sama dong seperti domain aku

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya emang cantik banget Pulau Belitung ini, gak sabar pengen ke belitung ya :v

        Delete
    21. pemandangannya indah, itu pulaunya dari atas warna airnya sangat-sangat indah mas, pasting ngak bosan2 ke sana

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya nih mas ibrahim, bikin kangen pengen pulang terus menikmati kembali pesona yang ada di belitung ini, mau ikut juga?

        Delete
    22. kalo berenang dari pulau jawa ke belitung terus kena ombak, kedinginan, menggigil, kira-kira selamat engga?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tenang aja mas, pasti ada yang nyelametin kok, jadi jangan khawatir buat liburan di Belitung.. Karena semuanya aman terkendali, bisa ajak rame rame juga loh, lebih murah dan praktis juga... jadi gak beban sendiri :v, ayok mas niki liburan panjang di Belitung :D

        Delete
    23. Aiihh jadi inget tahun lalu harusnya ke Belitung tapi tertunda, dan sekarang cuma berdoa agar bisa ke sana lagi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Semoga bisa ke belitung ya mas Nasirul. Dan bisa liburan bareng di belitung juga hhe :D

        Delete
    24. Wah ane belum pernah nih ke belitung, boleh deh masuk waiting lish..

      btw keren gan,, jadi ngiri

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wahhhh rugi banget nih belum ke belitung. Bakal nyesel nih kalau saya sudah lburan panjang disana, pasti bakal pengen nyusul ke belitung juga haha.. Yappss disimpan aja dulu liburannya mas, atau gak download aplikasi skyscanner di handphone mas nufus biar tau update harga dari perjalanan yang mau mas tuju :D

        Delete
    25. Di studio foto saya banyak orang cetak foto spot belitung mas, tempatnya memang keren degan batu-batu besarnya yang sangat mengagumkan...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wahhhh jadi bangga nih bisa di foto di tempat mas maman juga, semoga makin tersebar ke berbagai tempat ya pesona Pulau Belitung ini. hehe, ayok mas maman kapan ke belitung :D

        Delete
    26. Belitung memiliki daya tarik yang memukau. Tapi ... Entah kapan ya bisa kesana. Hihi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Semoga bisa kesana ya mas dan menikmati pesona Pulau Belitung hehe :D

        Delete
    27. Belitung alamnya memang indah pengen banget ke sana tapi kebentur biaya..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Waduhhh, kalau terbentur masalah biaya., mungkin buat liburannya bisa mengajak orang lain mas, ajak ramai-ramai, dan mungkin soal biaya bisa patungan sama temen yang lain, bisa naik kapal juga lebih murah jika tidak naik pesawat.

        karena jalan menuju ke belitung hanya 2 itu, kalo gak kapal ya pesawat..

        Delete
    28. Bagus banget tempatnya Belitung.. Pengen kesana dan cobain makanan khasnya juga

      ReplyDelete
      Replies
      1. wahhh boleh nih mas, liburan panjang besok langsung cuss ke belitung hhe

        Delete
    29. Keren banget lokasinya,ya.
      Moga2 kesampaian travelling kesana suatu saat nanti.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Amin semoga bisa kesampean ke belitung ya mas, jangan lupa berbekal aplikasi skyscanner buat traveling ataupun kebutuhan sewa mobil, hotel saat sudah sampai di belitung hehe :D

        Delete
    30. Pulau Belitung makin populer saja, aku punya adik di sana, beliau sering cerita kalau di sana ikan lautnya segar-segar dan besar-besar, sangat jarang dijumpai ikan kecil-kecil seperti di Lampung, sudah sering diajak kesana, tapi belum ketemu dengan waktu yang pas

      semoga saja ada kesempatan datang ke pulau laskar pelangi ini

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wahhh siapa mba namanya adik yang di belitung...? siapa tau saya kenal dengan adiknya mba maya.. Kalau untuk kuliner di belitung emang enak enak mba, bahkan banyak para wisatawan ingin ke belitung karena ingin mencicipi langsung kulinernya hehe,

        semoga bisa kesampean ya mba maya ke belitung, amin.

        Delete
    31. wah, kapan kapan tak cobain liburan juga ke pulau belitung, airnya jernih dan hijau

      ReplyDelete
    32. Batu-batu besarnya itu khas banget yaa...

      ReplyDelete
    33. aku juga pakai skyscanner kalo mau bandingin harga tiket pesawat. Membantu banget untuk dapat tiket murah :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wahhh enak dong mba kalo dapet tiket yang pas murahnyaa :D, bisa nih telpon telpn kalo pas harga yang murah hhe :D

        Delete
    34. Waw, Garuda. Maskapai lain yg minim budget ada x ya .. Yg penting sampai lah, mahal2 buat backpack #emaneman

      Belitung, yang buat saya kenal tempat ini karena Laskar Pelangi, BTP, dan Yusril.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya kemaren pas make garuda pas mau pulangnya mas hhe..

        Wahhh sudah pernah ke belitung belum nih mas ?, lumayan bisa mencicipi pariwisata dan kulinernya hhe :v, sama saya aja besok pas liburan panjang, :D

        Delete
      2. Belum, meski ada kakak sepupu tinggal di Bangka. Ya siapa tau bisa sowan ke sana, Bangka sama Belitung jarak berapa jauh ya?

        Delete
      3. Wahhh di bangka ya mas, berarti tinggal nyebrang aja dari bangka ke belitung.. Kalo naik pesawat itu pake pesawat yang kecil mas, sekitar 30 menit lah... kalau untuk naik kapal sekitar 5 jam pake jetpoil.. Deket kok

        Delete
    35. temen sha, honeymoon nya ke sini. Sampe sha mikir2 kalo nikah honeymoon kemana yaaa. hahahaha padahalgataujodohnyasapa wkwk

      ReplyDelete
      Replies
      1. waduuhhh boleh nih honeymoonya di belitung haha :v

        Delete
    36. 2 tahun ngga pulang kampung? Untung dulu kuliahku nggak jauh jauh dari kampung halaman...jadi minimal tiap bulan bisa pulang lah. Haha...

      Sukses buat lombanya, mas!

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya nih mas Wisnu, udah 2 tahun gak pulang kerumah.. Sekarang kan kuliahnya di jogja. Kemaren gak pulan kampung pas tahun pertama soalnya ikut kepanitiaan di kampus jadi sayang banget kalo pulang cuma bentar, cuma beberapa minggu doang gitu.

        Terus untuk tahun yang kedua itu kan soal nya kakak saya yang ke 2 itu nikah di jogja, jadi semua keluarga yang ada di belitung, sumatera, dan beberapa daerah lainnya pada ke jogja semua, mau ke belitung malah ga ada orang, jadi yaudah sih. Di jogja juga ketemu sama orang tua, keluarga besar dan lain sebagainya.

        Nah mungkin tahun ini bakal pulang ke belitung, 2 tahun gak menginjakkan kaki di belitung rasanya gatel banget haha, pokoknya harus pulang bagaimanapun caranya hehe.

        Jadi Mas Wisnu mau ikut ke belitung?

        Delete
    37. Jangan lupa ngajakin gua yah, tenang kok, gua nggak ngerepotin,cuman biaya perjalanan gua loe yang tangguh yah, nggak merepotin kan bagi gua ckck

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wadoooh, kalo saya yang tanggung semua gak bisa pulang ke jogja lagi nnti saya mas, jadi netap dah kita berdua di belitung :v, jalan jalan teros haha

        Delete
    38. Ingin sesekali pulang kampung
      Ke Belitung
      Tapi Keluarga semua di Lampung
      Jadi harus menunggumu ajak aku berkunjung
      Jadi

      ReplyDelete
      Replies
      1. wahhh besok pas liburan panjang ke belitung aja mba, diajak keluarganya berkunjung ke belitung.. lumayan liburan panjang :D, menghabiskan liburan panjang di pulau belitung

        Delete
    39. Belitung salah satu tempat yang ada di bucket list saya. Setiap saya lihat teman-teman saya berlibur ke luar negeri, postingan seperti ini bisa mengingatkan kembali bahwa alam ibu pertiwi lebih mudah dijangkau namun ya belum terjangkau ke sana juga. Nasip uda punya bocah, susah bener mau plesiran. Hehehe.

      ReplyDelete
      Replies
      1. hahah nah itu dia mba, terkadang juga udah masuk ke dalam daftar trip yang mau dikunjungin...Tapi pengen juga keluar negeri liburan, tapi saya merasa Indonesia aja belum ke sampean kemana mana, Indonesia memang indah, makanya mau saya taklukan dulu semua wisata alam, kuliner, budaya, dan lain sebagainya baru keluar kalo dari saya sendiri.

        Wahhh udah punya anak ya mba, mungkin bisa nih diajak keluarganya buat menikmati liburan panjang di Pulau Belitung :D

        Delete
    40. Wah beruntung sekali masnya dari Belitung, saya dah beberapa kali ada wacana ke sana masih belum terealisasi. Btw, gangan juga ada di Sumsel, uwak saya suka masakin tiap saya mudik.

      ReplyDelete
      Replies
      1. wahhhh kerja sampe ke belitung ya mba anissa, lumayan nih.. Kan dulu sumatera bagian dari sumsel mba, jadi wajar deh gangan ada di sumsel juga :D

        Delete
    41. Enak banget rumahnya di Belitung, pun merantau ke daerah yang sama bikin ngangeninnya,JOgja. Hidup lo berasa sempurna bngt yak dek

      ReplyDelete
      Replies
      1. hahah iya nih mba, pas lulus SMA udah rencana kalo gak di belitung ya di jogja, lumayan tempat nya enak sejuk, suasananya ngangenin hehe,

        Delete
    42. Mantap, viewnya bagus amat.. Seger dipandang dan enak di mata hehe.. semoga deh diberi kesempatan sama Yang Maha Kuasa buat berkunjung ke Belitung, aamiin

      ReplyDelete
      Replies
      1. AMin amin amin ya mba Zalfaa, semoga bisa ke belitung dan bisa ketemu bareng sama saya hhe :v

        Delete
    43. aku sendiri belum pernah mas ke Belitung :D

      skyscanner emang topcer buat kita cari informasi tentang tiket promo ya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. wahhh betul banget mas Deddy, semoga bisa kesampean ke belitung ya mas :D

        Delete
    44. Belum pernah ke Belitung. Semoga suatu saat bisa lihat mercusuar yang ikonik itu

      ReplyDelete
      Replies
      1. wahhhh semoga ya mba april bisa ke belitung, udah banyak nih yang mau ke belitung.. :D

        Delete
    45. wah dari dulu saya punya temen deket orang Belitong. Apalagi mulai eksisnya film Laskar Pelangi, Museum Kata dsbnya jadi mupeng pengen kesana. belum kesampean. Apalagi pantainya instagtam-able banget.

      ReplyDelete
      Replies
      1. wahhhh kalau diliat liat nih udah pernah nonton filmnya ya mas rahmat :D, rencananya besok liburan panjang mau ke belitung nih, gimana mau ikut bareng gak?? Tapi ak transit ke jakarta dulu, katanya nunggu di jakarta nya aga lama.. pengalmaan sih waktu dari belitung mau ke jogja lama banget, tapi nnti bakal terbayar kok kalo udah sampe belitung :D

        Delete
    46. Wah enak banget cari rental mobil bisa pake aplikasi juga ya..kadang kan suka bingung nyari2 rekomen sewa mobil dulu klo mau traveling.. pastinya harus ke museum kata nihh klo ntar ke Belitung

      ReplyDelete
      Replies
      1. iyanihh, sekitar 2 hari yang lalu juga mba ada temen dari jakarta maen ke jogja, bingung dia cari hotel mau nginep dimana terus cari mobil buat sewa sewa gitu biar bisa jalan jlan keliling jogja, langsung ak saranin aplikasinya... sekarang kuliat udah kemana mana, gak ngajak ngajak lagi jalannya. haha

        Sekarang jamannya digital mba, apa apa online. Membantu banget lah buat mempermudah aktivitas, gak bingung lagi deh

        Delete
    47. Jadi teringat film laskar pelangi. Disana masa panas banget mas apa mungkin deket pantai gitu ya? Liburan enaknya ramai ramai bareng sama temen. Tapi untuk saat ini belum kesampaian

      ReplyDelete
      Replies
      1. Waduhh mas, panas banget sumpah.. aku dalem rumah udah pake AC juga beuhh gilaaa haha, tapi ya pas musimnya apalagi waduh... Kalo bagi saya sendiri sih panas, gatau sih kalau bagi orang lain..

        Kalau pantainya terbuka gitu, jadi kalo mau kepantai mending sore aja dan rame biasanya, banyak yanng berenang..

        Wahhh mau ke belitung juga ya mas?? Iyaaa enak rame rame, biaya nya juga dibagi bagi enak.. hehe, mungkin suatu saat bisa deh ke belitung Mas Glend nya :D

        Delete
    48. keren juga aplikasinya jadi bantu banget buat liburan. berkat pos ini jadi ngiler mau jalan-jalan ke belitung

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya mas membantu banget, ak suka banget jadi lebih mudah dan memuaskan, wahhh jadi ngiler nih... pasti penasaran ya sama belitung :D, Kalau liburan di belitung jangan nanggung nanggung :v

        Delete
    49. Pesona Belitung bikin ngiler.
      Kapan ya bisa ke sana.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Yuk mas besok mei ke belitung, kebetulan saya mau pulang ke belitung, mungkin bisa bareng kesana hheh :D

        Delete
    50. Wah,, pulau belitung. dari dulu aku terpesona akan pemandangan yang eksotiknya, pertama kali lihat pemandangan itu di film laskar pelangi. Kapan ya bisa menjejak kan kaki disana.. hmm

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya dong belitung emang keren abis, banyak alasan dah kalo orang mengunjungi belitung, jadi gak pengen pulang lagi kalo udah menginjakkan kaki di belitung :D

        Delete
    51. teringin nya nak kesana tetapi tiada kenalan

      ReplyDelete
      Replies
      1. bareng saya aja mas, saja ajak ke belitung nih sama sama :D

        Delete
    52. Aku dulu juga pake skyscanner..sebelumnya pake booking.com trus skyscanner, trus pindah ke traveloka..sekarang pindah app lagi kayak kutu loncat. hahah.. ada lagi yng baru, dan gap harganya bisa gila2an.. hotel bintang 4-5 bisa beda 1 - 3 juta. Yang lebih gila lagi villa yng mahal2 bisa beda 4 juta. Misal harga villa per malam di app yg biasa 13 juta, di appku cuma 9 juta. mayan klo disebarin ke temen2ku, aku bisa jual 10 juta. Sejutanya masuk kantong sendiri, hahahah :D Aku untung, mereka jga untung. Aku bisnisin aja tuh. Tadi sore aku baru ngecekin harga anantara seminyak di app biasa 3,6. Di appku 2.5... temen2ku stay 5 hari pula.. alhamdulillah dpt 5,5 juta bahahhahaahkkkk... *otak dagang*
      tiket pesawat jg kompetitif bangat bisa beda 100-300rb.

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya nih dengan ada nya aplikasi ini bisa mempermudah aktivitas kita sehari-hari... Membantu banget kan, bisa jadi ajang dagang juga.. kek reseller gitu hhe, semangat mba :D

        Delete
    53. Replies
      1. Iyadong belitung memang cantik banget, cocok buat liburan panjang besok buat menikmati indahnya pulau belitung :D

        Delete
    54. Ini kalo disingkat jadi BABEL ya mas? Ternyata memang surga yang tersembunyi ya, bagus sangat. Skyscanner dan kayak pacar, selalu mengingatkan

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iyadong mas, belitung memang keren lah... Jadi kangen pengen cepet pulang, udah mesen tiket pesawat garuda nih sayang bnget, apalagi pas dapet harga murah lewat aplikasi skyscanner, mayann yehet

        Delete
    55. Impian banget nih buat ke Belitung :D
      Untung ada skyscanner biar bisa memperhitungkan biaya tripnya sekalian bikin rencana perjalanan. Semoga ga cuma wacana ya, hihi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Semngat mbbaa,, ayo liburan bareng ke pulau belitung :D

        Delete
    56. aku pengen ke belitung sama bangka
      jadinya bangka belitung heheheh
      tapi bagus banget belitung pantenya

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya pantainya memang bagus banget, udah banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang sudah menikmati langsung keindahan pulau belitung ini :D, yakin nih gak mau nyoba sendiri menikmati liburan panjang di pulau belitung, dijamin hemat dan memuaskan lah :D

        Delete
    57. Lengkap ulasannya.
      Belitung emang keren kok pemandangannya aku juga pengen liburan kesana.

      ReplyDelete
    58. Wah, ternyata ada Skyscanner. Ini nih yang kucari kalau pengen pulang kampung! Sebagai anak rantau, aplikasi semacam ini diperlukan bangget.

      Btw, itu Pulau Belitung emang mantap banget ya. Aku pengen ke situ pengen ke Museum Andrea Hirata :D

      ReplyDelete
    59. Wah belitong bagai destinasi untuk wisata yang bisa jadi menyenangkan kayaknya yah. Jauh sekali tempatnya, perlu sebrang dari pulau ke pulau ya dengan kapal kalau gak pesawat? Aplikasi skyscanner baru banget tuh dan memang sangat membantu banget buat dipakai untuk wisata travelling jarak jauh begini. Boleh lah :D

      willynana.blogspot.com

      ReplyDelete
    60. boleh juga ni app, alternatif selain traveloka :D

      ReplyDelete
    61. Sampai sekarang pesona Belitung memang makin diminati banyak orang ya. Bahkan untuk wisata kulinernya pun juga menarik. Yeps, saatnya hunting2 tiket promo pakai Skyscanner biar bisa wisata ke Belitung :D

      ReplyDelete
    62. Pernah ke Belitung,
      sayangnya dalam mimpi, Kzl.

      semoga bisa kesana beneran :)

      ReplyDelete
    63. Saya waktu itu mulai mencari tahu Belitung karena baca dan nonton Laskar Pelangi. Eh, tau-tau udah dibikin museumnya aja. Haha. Emang menggoda banget, sih, tempat-tempat wisatanya. Beberapa temen yang udah ke sana pun bilang mau dateng lagi.

      Baiklah, kalau seandainya mau ke sana saya jadi tahu harus ngontak siapa. :p

      ReplyDelete
    64. ingat Belitung saya pasti ingat Lokasi Syuting Para Pemain Laskar Pelangi..... lokasi spot pemandangannya sangat Indah, sehingga tidak heran ada yang kangen untuk pulang Kampung, kangen nichhh yeeee..... :)

      ReplyDelete
    65. supnya menggoda selera, ehmmm enak tuh kayaknya ya
      semoga cepet kesampaian kesana nih heheh

      ReplyDelete
    66. Duuhhhh...... Belitung memang menggoda, masukkan dalam wish list ahhh....

      ReplyDelete
    67. Mie Belitung enak! Kayaknya nggak ada yang jualan jenis yang sama di luar pulau Belitung, ya.

      ReplyDelete
    68. Entah kapan bisa berwisata ke Pulau Belitung hehehe.. Kepengen sih, kan penasaran dan ingat film Laskar Pelangi :) Kulineran enak dan nikmat tiada tara tersaji apik di Belitung. Praktis banget traveling pake Skyscanner ini ya, terbangnya naik pesawat Garuda Indonesia. Mantap! Semoga suatu hari nanti aku dan keluarga kesampaian traveling ke Belitung. Keren tulisannya, mas :D

      ReplyDelete
    69. Belitung memang selalu menarik ya kak :)
      2015 lalu aku sempat ke sana, sempet explore ke Bangkanya juga.
      suka banget sama pulau Lengkuas, apa lagi bisa naik ke menaranya haha
      olah raga tp dapet pemandangan yang ciamik banget, keren!

      salam,
      ceritaliana.com

      ReplyDelete

    KETENTUAN BERKOMENTAR :

    Pertama, Jika ada yang belum jelas bisa bertanya pada kolom komentar yang tersedia dibawah.

    Kedua, atau juga bisa menghubungi saya melalui Halaman Kontak, untuk lebih jelasnya.

    Ketiga, Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan isi artikel yang ada diatas.

    Keempat, Semua komentar yang mengandung link atau spam tidak akan dipublikasikan.


    JANGAN LUPA! Untuk Follow Google+ dan Follow Blog ini pada tombol dibawah, agar saya bisa lebih semangat lagi untuk update dan berbagi pengalaman lainnya. Terima kasih sudah berkunjung :D

    Centang kotak Notify me untuk mendapatkan balasan notifikasi komentar.
  • :))
    :((
    :D
    :(
    :)
    :-)
    ;)
    =))
    :p
    =.=
    ==
    ^_^
    /=he
    :*
    /=r
    /=l
    :v
    /=ok
    /=clap
    (y)
    (yy)
    /=hi
    /=j
    /=hup
    /=hd
    /=hl
    /=hr
    /=s
    <3