Peran Penting Kertas Dalam Kehidupan Manusia Sehari-hari

Peran Penting Kertas Dalam Kehidupan Manusia Sehari-hari. Ingat sekali sewaktu kecil saat teknologi belum berkembang pesat seperti sekarang ini, saya sangat sering sekali menulis surat di atas kertas baik itu kepada keluarga untuk memberi tahu keadaan atau kepada kekasih untuk sekedar memberi tahu kabar melalui kantor pos, menitipkan kepada teman, ataupun dengan diam-diam langsung memasukkan kedalam tasnya (pas masih malu-malunya hehe).

Tidak hanya menulis surat saja, terkadang pula saya sendiri memanfaatkan kertas untuk hal-hal lainnya, seperti membungkus kado ulang tahun dengan kertas yang pada saat itu masih sangat polos sekali tidak ada gambar-gambar yang beragam seperti sekarang ini. Dan sesekali juga memanfaatkan kertas untuk membuat layang-layang agar dapat terbang, dan lain sebagainya.

Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, pemanfaatan dan penggunaan kertas pun semakin beragam. Kertas tidak hanya digunakan untuk menulis surat ataupun membungkus kado saja. Tetapi, sudah merambat ke dunia pendidikan seperti pencetakan buku-buku pelajaran, lalu media tulis diatas kertas yang digunakan, ataupun merambat ke dalam dunia kesenian seperti lukisan, kerajinan tangan yang terbuat dari kertas, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Virtual Office di Jakarta

Kecanggihan teknologi pada era globalisasi membuat sebagian orang berfikir bahwa peran kertas akan punah dan tidak mempunyai peran penting pada era digital saat ini. Namun ternyata peran kertas dalam kehidupan manusia sehari-harinya tidak akan mudah tergeser begitu saja.

Bahkan banyak mitos-mitos yang muncul dalam kehidupan bermasyarakat seperti salah satunya :
- Penggunaan E-Textbook Lebih Efektif untuk Belajar daripada Buku Teks.
Walaupun perkembangan teknologi semakin pesat dan canggih serta perannya yang dapat mempermudah pekerjaan manusia dalam melakukan suatu hal, tetapi tidak semuanya dapat digantikan oleh teknologi. Bahkan eksistensi kertas akan menjadi sebuah perjalanan panjang dalam kehidupan manusia.

Banyak dari kita mendapatkan manfaat yang besar setelah membaca buku dari buku tercetak/fisik. E-Textbook memang lebih efektif untuk belajar namun jika dilakukan secara berkepanjangan maka akan berdampak buruk kepada kesehatan terutama pada penglihatan, yang akan menimbulkan sakit kepala atau pusing karena terus menerus menatap cahaya di layar e-textbook tersebut.

Lebih disarankan untuk lebih banyak membaca buku fisik saja, lebih sehat dan manjur.

Seperti contoh saja dalam penggunaan tissue, tissue yang biasanya digunakan sebagai alat pembersih sangat bermanfaat sekali bagi kehidupan manusia dan sangat membantu tentunya. Bahkan pada masyarakat modern penggunaan tissue masih digunakan hingga saat ini.

Teknologi digital memang memberikan  kemudahan untuk  menulis hanya dengan mengetik di komputer tulisan menjadi terlihat lebih rapi, namun dalam pembelajaran pengenalan tulisan terhadap anak usia dini tetap saja harus menggunakan kertas, karena jika seorang anak  hanya mengenal huruf dan abjad tanpa mengajarkan pengaplikasian menulis di atas kertas, maka mereka akan merasa kesulitan ketika menulis di atas kertas. Dan ini yang disebut buta tulis!!

Pada anak usia dini belajar menulis pasti lebih mudah diajarkan di atas kertas karena menulis di atas kertas dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Anak usia dini akan lebih mudah dalam mengaplikasikan tulisannya di atas kertas, karena apapun yang di tulis di atas kertas akan lebih mudah untuk diingat. Dia juga bisa berekspresi dengan tulisannya.  Bahkan bukan hanya untuk anak usia dini terkadang dalam pembelajaran pun  sesuatu yang ditulis diatas kertas terlihat lebih mudah untuk dipelajari ataupun  diingat.

Eksistensi kertas dalam kehidupan manusia tidak akan pernah bisa dipisahkan. Setiap hari, baik di kantor maupun di sekolah atau ditempat lain, apalagi ditempat fotokopi, kertas begitu akrab bagi manusia.

Apa yang ditulis itu baik berupa data, informasi, catatan dan lain sebagainya entah itu penting ataupun tidak, atau hanya berupa hobi disimpan diatas kertas. Bayangkan saja kalau tak ada kertas, media untuk menulis pakai apa? Lalu buku, majalah, Koran, kwitansi, tiket manual dan lain sebagainya memakai apa?


Tanpa sadar, karena kedekatan antara manusia dan kertas, maka tidak salah kalau kertas telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Seperti yang sudah saya ceritakan diatas bahwa pemanfaatan dan penggunaan kertas sudah sangat banyak sekali tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Itu artinya semua orang memang masih sangat membutuhkan kertas dalam menunjang kegiatan dan aktivitas mereka sehari-hari. Walaupun banyak bermunculan E-book, E-class, E-pay yang serba online dalam dunia digital saat ini, namun penggunakan kertas masih tetap eksis dalam dunia pendidikan, kesenian, pariwisata, dan masih banyak lagi.

SEJARAH DAN PENEMUAN KERTAS DI DUNIA


Kertas pertama kali ditemukan oleh T'sai Lun yang merupakan seorang pejabat pengadilan dari Dinasti Han. Ia membuat kertas dari serat rami, kain tua, jaring ikan, dan kulit murbei, dengan bahan-bahan tersebut ia berhasil membuat sebuah kertas dan menjadi ia sebagai orang paling berpengaruh di dunia.

Sejak penemuannya kertas terus berkembang ke berbagai penjuru di dunia, pemanfaatan dan penggunaan kertas di dunia pun beraneka ragam. Seperti orang cina dalam penggunaan tisu toilet, lalu orang arab yang belajar seni produk kertas dan membangun industri kertas pertama di Baghdad, lalu menyebar ke wilayah eropa dan muncul pabrik kertas pertama yang dibangun tepatnya di spanyol, dan hingga sampai sampainya produksi kertas terbaik di Indonesia pun dimulai, tepatnya pada tahun 1998.

Penemuan kertas merupakan revolusi baru dalam dunia tulis menulis yang menyumbangkan arti besar dalam peradaban dunia. Oleh karena itu, untuk tetap mempertahankan industry kertas diperlukan pengelolaan hutan yang baik. Agar kebutuhan kertas tetap terpenuhi dan hutan tetap terjaga kelestariannya.

Produksi kertas di Indonesia sudah sangat banyak sekali, namun tidak semua menghasilkan kualitas kertas yang baik. Kualitas kertas yang kita butuhkan dengan hasil jadi yang memuaskan tentunya sangatlah sulit untuk dicari. Namun kita dapat melihat, ternyata ada kertas dengan kualitas terbaik di Indonesia dari dulu hingga saat ini, yaitu Kertas PaperOne.

Kertas PaperOne adalah merek unggulan APRIL Group yang menawarkan berbagai kertas dengan kualitas premium dan terbuat dari 100% serat perkebunan terbarukan yang diproduksi untuk memenuhi tingginya kebutuhan di masyarakat.

Kertas PaperOne™ juga telah bersertifikat PEFC ( Programme for te Endorsement of Forest Certification ) yang memastikan bahwa produk ini berasal dari perkebunan yang dikelola secara berkelanjutan.

 Produk Kertas PaperOne - Kertas Kualitas Premium

Semua produk PaperOne™ diproduksi dengan menggunakan HD Print Teknologi ProDigi™ terbaru untuk menghasilkan kualitas yang lebih unggul untuk keperluan percetakan. Kertas yang dihasilkan 3 kali lebih halus d 33% lebih kuat karena memiliki material produksi 100% Elemental Chlorine Free (ECF) dari perkebunan yang dikelola secara berkelanjutan.
PaperOne™ Copier secara khusus diproduksi yang disesuaikan dengan mesin yang menggunakan teknologi xenographic. Produk ini memiliki tekstur dan tingkat kehalusan yang sangat baik sehingga dapat digunakan dengan kecepatan tinggi dan volume yang besar.
Test Method Tolerance Quality Spesification
BASIS WEIGHT (G/M2) ISO 536 ± 4% 70    -    75    -    80
THICKNESS (μm) ISO 534 ± 3 100    -    103    -    107
CIE WHITENESS (#) ISO 11475 ± 2 160    -    160    -    160
ISO Brightness (%) ISO 2470 ± 2 96    -    96    -    96
ISO Opacity (%) ISO 2471 ± 2 93    -    94    -    95
SURFACE ROUGHNESS,BENDTSEN (ML/MIN) ISO 8791-2 ± 40 190    -    190    -    190
+ Keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan PaperOne™ Copier ini, yaitu:
-100% serat terbarukan dari perkebunan bersertifikat PEFC   (Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi www.pefc.org)
-Kertas terasa lembut dan kualitas cetak yang luar biasa
- Kontras dan kejelasan cetak luar biasa, terutama pada warna
- Tidak ada pertunjukan
- Performa bebas masalah, bebas macet
- Built-in pegangan untuk mudah dibawa, strip air mata berlubang untuk kemudahan   akses ke rim, dan area berjajar yang belum dilapisi untuk pelabelan.
- Peningkatan teknologi permukaan untuk pencetakan inkjet / laser warna digital yang luar biasa

PaperOne™ All Purpose diproduksi untuk memenuhi kebutuhan hasil optimal pada semua jenis mesin cetak. Produk ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dengan kualitas cetak tinggi. Di antara kertas lainnya, produk ini memiliki ketebalan yang unggul untuk menghasilkan hasil cetak yang sempurna.
Test Method Tolerance Quality Spesification
BASIS WEIGHT (G/M2) ISO 536 ± 4% 80
THICKNESS (μm) ISO 534 ± 3 110
CIE WHITENESS (#) ISO 11475 ± 2 167
ISO Brightness (%) ISO 2470 ± 2 99
ISO Opacity (%) ISO 2471 ± 2 95
SURFACE ROUGHNESS,BENDTSEN (ML/MIN) ISO 8791-2 ± 40 140
+ Keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan PaperOne™ All Purpose ini, yaitu:
- 100% serat terbarukan dari perkebunan bersertifikat PEFC   (Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi www.pefc.org)
- Memungkinkan pencetakan dupleks (dua sisi) luar biasa dengan nuansa kertas yang hebat
- Tidak ada pertunjukan
- Kontras dan kejelasan cetak yang hebat
- Kualitas cetak yang tajam, segar dan jelas dengan nuansa kertas halus
- Performa bebas masalah, bebas macet
- Built-in pegangan untuk mudah dibawa, strip air mata berlubang untuk kemudahan   akses ke rim, dan area berjajar yang belum dilapisi untuk pelabelan.
- Peningkatan teknologi permukaan untuk pencetakan inkjet / laser warna yang lebih baik

PaperOne™ Digital adalah produk kertas dengan kualitas premium di kelasnya. Kertas ini sangat halus dan dirancang untuk semua jenis peralatan kantor yang menggunakan teknologi inkjet dan xenographic. Produk ini sangat cocok untuk digunakan pada mesin inkjet, laser, dan printer digital. Kertas ini pun terbagi dalam dua bobot, yakni 85g/m2 dan 100g/m2.
Test Method Tolerance Quality Spesification
BASIS WEIGHT (G/M2) ISO 536 ± 4% 80
THICKNESS (μm) ISO 534 ± 3 110
CIE WHITENESS (#) ISO 11475 ± 2 167
ISO Brightness (%) ISO 2470 ± 2 99
ISO Opacity (%) ISO 2471 ± 2 95
SURFACE ROUGHNESS,BENDTSEN (ML/MIN) ISO 8791-2 ± 40 140
+ Keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan PaperOne™ Digital ini, yaitu:
-100% serat terbarukan dari perkebunan bersertifikat PEFC   (Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi www.pefc.org)
-Kertas terasa lembut dan kualitas cetak yang luar biasa
- Kontras dan kejelasan cetak luar biasa, terutama pada warna
- Tidak ada pertunjukan
- Performa bebas masalah, bebas macet
- Built-in pegangan untuk mudah dibawa, strip air mata berlubang untuk kemudahan   akses ke rim, dan area berjajar yang belum dilapisi untuk pelabelan.
- Peningkatan teknologi permukaan untuk pencetakan inkjet / laser warna digital yang luar biasa

Mengapa harus kertas PaperOne?

Hasil yang bagus tergantung pada kertas yang digunakan. Dan inilah mengapa dari kebanyakan orang lebih memilih Kertas PaperOne sebagai kertas kebutuhan mereka sehari-hari:

1. Kualitas 
Kebanyakan orang memilih Kertas PaperOne sebagai kertas kebutuhan mereka sehari-hari, yaitu karena kualitas Kertas PaperOne itu sendiri. Kertas dengan kualitas premium yang menghasilkan hasil yang berkualitas memang menjadi harapan semua orang.

Meskipun Anda sibuk mencari printer atau mesin fotokopi terbaik di dunia tapi tidak menggunakan kertas yang baik, maka yang dihasilkan pun tetap hasil yang biasa dan tidak memuaskan. Kertas yang baik akan menghasilkan produk yang baik.

2. Teknologi Cetak HD ProDigi™

Teknologi Cetak HD ProDigi TM meningkatkan vibrasi warna hingga 34%, memungkinkan penurunan tinta yang lebih tajam, menjaga tinta di permukaan lebih baik daripada kertas biasa.
Warna bersemangat

Teknologi Cetak HD ProDigi TM mengurangi tinta-tinta sebesar 23% maka gambar lebih tajam dan garis kurang kasar. Ini menghasilkan 17% kulit hitam yang lebih padat menghasilkan cetakan yang tajam dan gelap.
Garis Crisp

Teknologi Cetak HD ProDigi TM memastikan tinta lebih cepat kering-waktu menghasilkan cetakan yang bersih dan tajam selama penanganan.
Smudge 

Teknologi Cetak HD ProDigi TM menghemat hingga 18% penggunaan tinta.
Menghemat Tinta

Siapa APRIL Group?


PT Riau Andalan Pulp dan Paper – PT. RAPP (April Group) adalah salah satu perusahaan terkemuka dalam serat global, pulp dan industri kertas. April Group merupakan perusahaan yang bergerak dibidang kehutanan yang integrated  yang berbasis sumber daya alam mulai dari hulu yang meliputi pengembangan sumber daya alam yang berkelanjutan dan pemanenan hingga pengolahan menjadi produk. 

Operasional pabrik pulp dan kertas serta perkebunan APRIL Group yang utama berada di dan sekitar kota Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau, Indonesia. Di lokasi pabrik, APRIL Group telah membangun sebuah kompleks perusahaan yang menampung hingga 7.000 orang; termasuk di dalamnya sekolah, fasilitas kesehatan, fasilitas rekreasi, sarana ibadah, lapangan olahraga dan fasilitas lainnya bagi karyawan dan keluarga mereka.

Selain pabrik pulp dan kertas, APRIL Group juga berinvestasi secara signifikan pada bidang sarana dan prasarana, termasuk jalan raya, pelabuhan dan bandara, untuk memungkinkan perusahaan membawa hasil produksinya ke pasar.

 Ketahui lebih lanjut Produk Pulp dan Kertas APRIL Group

KESIMPULAN

Kertas sudah menjadi kebutuhan dasar manusia di zaman sekarang dan tidak dapat tergantikan dengan teknologi. Walaupun banyak usaha yang suadah dilakukan untuk mengurangi pemakaian kertas tetap saja kebutuhan kertas tetap ada. Karena kertas dapat membuat pekerjaan lebih praktis dan tidak memerlukan listrik untuk memakainya. Dibandingkan dengan teknologi komputer, kertas lebih murah dan terjangkau semua kalangan baik yang miskin ataupun yang kaya.

Peran Kertas pada era peradaban modern tidak akan punah. Kertas akan semakin berkembang di era peradaban modern. Pada era peradaban modern kertas tidak hanya digunakan untuk menulis, mencetak, melukis dan sebagai alat pembersih  melainkan dapat digunakan untuk kreativitas-kreativitas lainnya dalam kesenian.

Peran Kertas juga sangat penting dalam dunia pendidikan. Dunia Pendidikan memang sudah banyak memanfaatkan teknologi  digital  namun tidak semua sekolah dapat mengikuti pesatnya perkembangan teknologi.

Dan disini peran kertas sebagai media pengantar pelajaran masih sangat dibutuhkan oleh sekolah kalangan menengah. Maka disini peran kertas sangat dibutuhkan  dalam kehidupan masyarakat baik dalam dunia pendidikan ataupun kesenian kertas juga sangat berperan sebagai alat pembersih yang tidak akan bisa digantikan perannya oleh teknologi  digital. Oleh karena itulah mengapa kertas sangat penting bagi kehidupan manusia saat ini ataupun masa yang akan datang.

Apakah kamu masih menggunakan kertas dalam kegiatan sehari-harimu dan untuk apa?

107 Responses to "Peran Penting Kertas Dalam Kehidupan Manusia Sehari-hari"

Centang kotak Notify me untuk mendapatkan balasan notifikasi komentar di email Anda.
  1. Di kantor juga pakai Paper One. Ternyata beda warna, beda pula kebutuhannya ya, kirain sama bae, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh mantep nih mas hendra pengguna kertas PaperOne juga :D, samaan dong kita ya :D

      Delete
  2. 10 tahun mendatang tisu bakal diganti sama e tisu
    Tisu elektronik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh tisu elektronik, luar biasa banget tuh.. mending pake tisu yang kertas ajaa nik :D

      Delete
    2. Gimana ya kalau ada tisu elektronik..hehe
      Tunggu aja, siapa tahu bang Niki yang luncurin tuh tisu. Kabarin para blogger kalau mau launching ya :D

      Delete
    3. wahhh bener banget nih mas andi, tapi tetep lestarikan tissue kertas yaaa hhe, kalo eletronik nnti disuruh download dulu, sayang kuota :v

      Delete
    4. Haha.. cari gratisan aja, Mas. :D
      Atau nggak minta sama yang udah download .. wkwk

      Delete
    5. wahhh mas andi harus download dulu nih baru saya bagi :D

      Delete
  3. Semuanya pernah aku gunakan. Terlebih kertas, suka bikin tulisan motivasi buat diri sendiri, terus di tempel di dinding..he

    Btw, ini detail banget, Mas. Dan jadi tahu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh apalagi kalau mau nulis draft gitu ya mas, pasti nulisnya diatas kertas buat catatan catatan kecil.. Sudah pasti kita butuh kertas walaupun teknologi terus maju dan berkembang, kertas tidak bisa digantikan

      Delete
    2. Betul, Mas. Buktinya aku sangat butuh dan memang menggunakan terus buku diary. Secara nggak langsung buku juga kan terbuat dari kertas..he

      Semudah apapun menuliskan draft-draft penting dalam gadget pintar, aku malah lebih suka nulis di buku diary :)

      Delete
    3. Wahhh keren abis nih, selamat menulis ya mas andi di diary buku dan diary blognya hhe :D

      Delete
  4. artikel yang menarik sekali.
    masih pakai kertas dalam setiap kegiatan sih aku, terutama tugas-tugas haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhh, lebih irit dan mudah diingat kalau mengerjakan tugas di buku, mantap

      Delete
  5. Kita semua harus berterimakasih banyak sama om Cai Lun ...

    Berkat om ganteng itu kita semua sekarang mengenal dan menggunakan kertas untuk banyak keperluan.



    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, coba kalau ga ad yang nemuin pasti sulit banget, nulis harus di komputer terus ribet... kalau habis batere ga bisa nulis dah

      Delete
    2. saya yang pertama berterimakasih lho...

      Delete
    3. saya terima kasih kembali mas hha :D

      Delete
  6. iya bener nich, kita tak bisa hidup tanpa kertas, apalagi kantoran sudah pasti tidak terpisahkan dengan namanya kertas ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti lah mas, berkas berkas di print pasti dengan kertas.. sudah pasti tu

      Delete
  7. Kertas memang berguna dari zaman ke zaman. Kalaupun tdk berguna masih bisa berguna, maksud saya dijual mas....buat beli kertas lg...hahahah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh seperti di daur ulang lagi ya mas kertasnya, jadi tidak terbuang percuma... wih kang nata kreatif deh

      Delete
  8. Perusahaannya kayak namaku hahaha.

    ReplyDelete
  9. sungguh banyak sekali manfaat kertas dalam kehidupan kita..

    ReplyDelete
  10. Karena kertas terbuat dari pohon, maka mari kita senantiasa menghemat kertas dan menggunakan denga bijak. Bukan begitu mas Andrie??? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas riyan, gunakan kertas dengan baik dan bijak :D

      Delete
  11. bahan kerta sampai pada masa sekarang ini seakan menjadi kebutuhan wajib mas, bahan kertas digunakan mulai kantor kepresidenan sampai kantor desa, pasti ada yang namanya kertas iya kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, mulai dari pekerjaan, pendidikan, kesenian, dan macam macam lainnya masih membutuhkan kertas untuk memenuhi kebutuhan akan pencatatan, walaupun ada digital juga resiko hilangnya besar, karena kalo kertas masih bisa di foto copy dan disimpan di tempat yang aman... dan gak akan kena hack :v

      Delete
  12. Kertas paperone favorit bgt saat nulis skripsi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh nulis skripsi, semoga cepet lulus ya mba :D

      Delete
  13. Iya zaman digital tetap butuh kertas
    Walau sudah dianggap lawas

    ReplyDelete
  14. Jadi ingat pernah mendadak ada rapat, lupa bawa buku notes ketinggalan di mobil, males mau ngambil niat hati mau mencatat di hape aja, eh kena semprot sama si bos, "rapat nggak bawa buku catatan! Ambil sana di mobil!" hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah, rapat gak bawa dokumennya ya mba, makanya ini jadi penting..

      Delete
  15. ketras PO memang bagus daripada Sidu

    ReplyDelete
  16. Di kantorku, wajib beli kertas yang ada sertifikat PEFC. Di sistem udah dilock, ga akan bisa beli kertas lain yg ga ada sertifikat ini.. krn perusahaanku dari awal udah komit ikut mendukung pelestarian hutan. kalo utk buku, aku dari dulu jg lbh seneng yang ada fisiknya, daripada yg e-book. ga bisa mas baca e book.. ntah kenapa feeling asyik membacanya ga dapet ;p ga ada wangi kertas yg khas tiap kita membalik halaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah bener banget tuh mba, banyak baca buku makin banyak ilmunya... semoga bermanfaat ya mba

      Delete
  17. Di kantorku, wajib beli kertas yang ada sertifikat PEFC. Di sistem udah dilock, ga akan bisa beli kertas lain yg ga ada sertifikat ini.. krn perusahaanku dari awal udah komit ikut mendukung pelestarian hutan. kalo utk buku, aku dari dulu jg lbh seneng yang ada fisiknya, daripada yg e-book. ga bisa mas baca e book.. ntah kenapa feeling asyik membacanya ga dapet ;p ga ada wangi kertas yg khas tiap kita membalik halaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah bener banget tuh mba, banyak baca buku makin banyak ilmunya... semoga bermanfaat ya mba

      Delete
  18. Saya sampai saat ini lebih suka membaca buku manual atau kertas. Kalau online e book. Mata mudah lelah.
    Paper one, kebanggan saya. Di rak buku komputer meja saya, tersedia kertas tersebut. Kualitasnya sungguh luar biasa.

    ReplyDelete
  19. Pakee

    Baru tau perbedaan warna di bungkus nya itu juga menandakan perbedaan produk dengan kualiats dan kriteria yang beda beda juga wkwkkw

    Kirain sama semua ituuu, beda warna bungkus doang XD

    ReplyDelete
  20. Jelas dong masih dipake, sering malah.
    Contohnya untuk urusan di kantor, kertas ini sangat membantu banget.
    Semua laporan dicetak menggunakan kertas.
    Tapi emang sih kita harus lebih bijak lagi dalam menggunakannya biar gak boros2 amat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh berarti masih butuh kertas nih ya untuk urusan kantor :D

      Delete
  21. Terasa banget dulu dan sekarang, tapi surat menyurat meski hanya lewat tas secara diam2 itu jauh lebih istimewa sih menurut sy..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduhhh pas lagi malu-malunya itu ya mba kalau mau mengungkapkan :d

      Delete
  22. Kalau dibilang tergantikan, saat ini kayaknya belum begitu tergantikan, masalahnya saat ini masih banyak orang yang menggunakan kertas sebagai media untuk menulis atau print...
    Penggunaan kertas memang memiliki dua sisi, baik dan buruknya ada, buruknya terutama bagi perusahaan yang menggunakan bahan kayu yang ilegal alias tanpa memperhatikan lingkungan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh iya bener banget tuh mas ahmad, masih banyak orang juga yang masih menggunakan kertas.. apalagi urusan print print an seperti itu, penggunaan kertas bakal jadi perjalanan yang panjang yang masih digunakan di era digital ini

      Delete
  23. Saya lebih suka baca buku kertas, tapi karena sekarang ada ebook milih yang murah saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkadang kalau e-book suka butuh koneksi internet dan biasanya diperlukan untuk mendownload... bahkan kemungkinan hilang juga bisa terjadi... apalagi kalau ganti handphone... oleh karena itu banyak orang menggunakan kertas karena bisa di copy dan kemungkinan hilang juga sedikit karena datanya banyak

      Delete
  24. Tetap pilih buku fisik daripada e-book. Kalau di kantor saya, kertas-kertas bekas yang disisihkan karena salah ketik, biasanya dibuat amplop. Jadi tetap berguna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh kreatif ya mba, memanfaatkan kertas yang gak terpakai

      Delete
  25. Yang susah, sebagai cewek, ngurangi tisu ituuu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, tissue paling bnyak digunakan pastinya, apalagi cewek :v

      Delete
  26. Kalau saya sih terus terang berharap agar kertas secara fisik bisa segera digantikan dengan kertas elektronik. Bagaimanapun tidak gratis untuk membuat kertas itu. Banyak ongkos yang harus dibayar, terutama oleh lingkungan.

    Mau tidak mau karena kertas itu kan berasal dari pohon. Semakin banyak kertas yang dipakai oleh manusia, semakin banyak pula pohon yang harus ditebang dan diolah menjadi bubur kertas.

    Memang, saya akui masih kurang nyaman membaca di komputer atau gadget, tetapi kalau memang harus dilakukan demi kelestarian lingkungan dan alam, seharusnya ongkos itu terbayarkan.

    Banyak hal kecil yang sebenarnya tidak membutuhkan kertas tetapi karena kita terlalu terbiasa, maka kita memakainya. Hal itu berimbas negatif terhadap alam dan lingkungan. Sesuatu yang juga harus dipertimbangkan saat memakai kertas.

    Jangan mentang-mentang bisa membeli karena suatu waktu anak cucu kita yang harus membayarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhh benar juga apa yang dikatakan mas anton kita harus menjaga dan merawat lingkungan dengan baik supaya tetap terjaga kualitas lingkungan terutama yang ada di Indonesia ini..

      Terkadang harus menebang satu untuk menghasilkan yang laain, sepeerti harus beli paket dulu untuk download, harus meminta dulu baru dikasih.. semua memang butuh modal, butuh bahan baku..

      Nahh untuk melestarikan lingkungan tersebut, oleh karena itu dilakukanlah penanaman kembali.. di April group sendiri beda kok mas kalo khusus untuk kertas paperOne..

      orang pasti akan membutuhkan kertas, mau dihilangkan seperti apapun kertas tetap akan dibutuhkan di masa sekarang maupun masa yang akan datang...

      Delete
  27. Hidup kertas. Tanpa kertas kita pasti akan mengalami kesulitan dalam hal penyuratan dan data dalam bentuk kertas lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia mba/mas, bahkan saya sekarang urusan proposal untuk kegiatan kampus pun masih ngeprint di kertas... karena memang menurut saya lebih mudah... lewat elektronik juga bisa, namun tidak semuanya terjangkau dengan internet ataupun aplikasi yang digunakan...

      Delete
  28. Wow, informasinya lengkap banget. Emang gak bisa lepas kertas walo sekarang serba digital

    ReplyDelete
  29. info yang sangat padat..

    terbaik la

    ReplyDelete
  30. melihat peran penting kerta dalam kehidupan, dulu saya pengin usaha punya keinginan jadi distributor kertas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh lumayan nih, tapi jangan lupa setelah menggunakan lalu dilestarikan lingkungannya ya mas agus :D

      Delete
  31. Kertas udah jadi kebutuhan pokok, tapi nggak bisa dimakan, kecuali catatan matematika direndam keair terus diminum,itu namanya kurang kerjaan dan ditipu mitos, karena mitos udah nipu,boleh nggak dilaporin ke 👮?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduhhh jadi ke mitos nih hhe, ohh itu kalo belajar SKS ya mas rama. Kertasnya dibakar lalu diminum.. wah jangan dilakuin yaa.. yang ada nnti ga idup lagi hhe

      Delete
  32. Dulu pemakai paper one juga..pas masih ngantor..

    Sekarang nggak sih. Tpi info tulisannya lengkap banget. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh terima kasih sudah menggunakan ya mba Tri...

      Delete
  33. aku pun, suka berkirim-kirim surat dengan manja dulu, sebelum teknologi maju seperti saat ini. Kini, sibuk berkirim email, hihihihi, ya dunia selalu berubah :))

    ReplyDelete
  34. Aku masih lebih suka baca buku cetakan konvensional daripada baca lewat layar. Ada sensasi tersendiri saat memegang dan mencium kertas-kertas buku itu.

    ReplyDelete
  35. Lengkap banget tulisannya. Sampai saat ini saya masih suka dan membutuhkan kertas. Baca buku masih suka dengan buku fisik meski kadang baca buku digital. Sedangkan tissue, menggantikan kain. Ini lebih praktis saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh jadi butuh kertas nih dalam segalaa aktivitas ya g dilakukan ya mba

      Delete
  36. Meskipun pada realitanya memang lebih suka dan lebih nyaman baca buku dalam bentuk "fisik", ketimbang baca dalam bentuk digital, tapi saya berharap, dengan produksi kertas yang meningkat, usaha perusahaan dalam melakukan reboisasi dan sejenisnya juga tetep berjalan. Jadi hutan kita nggak akan banyak yang "gundul".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membaca buku teks lebih irit, tidak butuh listrik dan hemat juga mas Wisnu, kalo untuk pengelolaan lingkungan.. sampai saat ini April Group yang memproduksi kertas paperOne selalu melestarikan lingkungan agar dapat dinikmati di kemudian hari..

      Delete
  37. nggak bisa dipungkiri walau kertas bikin pohon2 di hutan menyusut, tapi kita masih sangat butuh benda ini.

    btw, baru tau kalo April Group ternyata punya perkebunan sendiri.

    nice info, mas! TFS

    ReplyDelete
  38. detil sekali artikel ini..mantap bang..
    peran kertas memang sangat penting.. eksistensi kertas tak bisa dipungkiri
    namun untuk pabrik kertas yg produksi media masa seperti koran.. bakal susah ya bang.. tergerus dengan era digital.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak kok mas, koran masih ada sampai saat ini, dan yang jual pun banyak

      Delete
  39. Paper one. Jadi keinget jaman2nya mumet bimbingan. Pasti pakainya keras merk ini

    Ya gmna lg. Kalau pakai laptop kan dosennya ga bisa nyoret2 yg salah. Ga puass 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, jadi keinget pas kuliah ya nih mba, jadi ngingetin juga nih mba anggun :D

      Delete
  40. apper one berkualitas, tidak bisa lepas dari kertas untuk kebutuhan sehari2

    ReplyDelete
  41. kertas di ambil dari pohon.. yg penting proses reboisasinya tetap terjaga bang ya... sama halnya dengan penebangan pohon untuk bahan konstruksi. tebang pilih dan reboisasi wajib di galakkan.. jadi g seenaknya aja nebang pohon. karena menyangkut dengan alam tempat kita berpijak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali itu mas, mengambil milik alam harus menanamnya kembali, agar selalu terjaga kelestarian hutan dan lingkungan di sekitarnya :)

      Delete
  42. Kertas sangat penting, apalagi di lingkungan kerja saya yang notabenenya adalah penerbit. Semua berkecimpung dengan kertas dan buku :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh jadi masih butuh kertas nih buat menunjang kegiatan sehari hari

      Delete
  43. Peran kertas meskipun sdh di era digital, tetap tidak bisa digantikan. Terutama utk blue print dan bukti otentik sebuah dokumen penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mas, kertas emang masih sangat dibutuhkan.. Apalagi jaman yang sekarang ini, skripsi aja masih pake kertas haha

      Delete
  44. Wow mantab. Keren mas ulasannya tentang kertas.

    ReplyDelete
  45. Ternyata begitu sejarahnya ya ndrie. Btw, sha baru nyadar lho pernah bw ke blog. kemaren di bilangin sm andi udh pernah bw, tapi sha nya lupa wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa tehh hhe, untung ada kertas ya teh.. huh kurang fokus nih teh vanisa jadi lupaa :D

      Delete
    2. hahaha iya, kerja wae atuh da. butuh liburan lagi :P

      Delete
  46. Nulis draf awal tulisan saya seringnya pake kertas dulu. Setelahnya baru deh salin ke laptop. Pokoknya kalau kayak gitu saya bisa tetap ingat hingga hari setelahnya. Kalau yang langsung di gadget, nggak sebaik ingatan saat nulis di kertas.

    Beberapa warnet favorit di daerah rumah yang biasa saya nge-print kalau nggak salah merek kertasnya itu juga deh. Bagus sih emang hasilnya. Gambar nggak pudar~

    ReplyDelete
  47. Kertas masih dibutukan sih, ak juga masih mengunain kertas untuk nulis.

    ReplyDelete
  48. Kertas sangat berperan penting dalam dunia kerjaku. Karena aku berkutat dengan buku setiap harinya, hehe.

    ReplyDelete
  49. Pos yang sangat bermanfaat, saya salfok sama gambar pertama qiqiqiq. Btw saya masih pakai kertas sampai saat ini karena ngeprint data ini itu untuk data fisik pasti pakai kertas dan yess, pakai Paper One juga hahaha. Buat nulis juga donk, karena masih pakai buku/agenda buat catet apa yang penting-penting sehari-hari.

    ReplyDelete
  50. Teman saya juga bekerja di APRIL mas.. teman kuliah dulu dan sampai sekarang masih disana..
    saya juga kerja dipabrik kertas dulu, tapi sekarang sudah berhenti..

    ReplyDelete
  51. Sampai sekarang aku masih sering membaca berita langsung dari koran atau majalah. Meskipun era digital bergentayangan, mataku tetap menyukai tulisan di atas kertas. Semua legalitas kan harus hitam di atas kertas juga. Jadi kertas banyak manfaatnya dan penting sekali buat kehidupan manusia. Btw aku juga pakai kertas paper One :D

    ReplyDelete
Jangan Scroll lagi! Sekarang kalau mau komen, tombol komentarnya udah pindah keatas. Kembali ke Atas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel