Financial Technology (Fintech) Solusi Keuangan Digital Masa Depan


Financial Technology (Fintech) Solusi Keuangan Masa Depan. - Indonesia adalah negara yang sangat besar. Mulai dari jumlah penduduk, luas wilayah, sumber daya alam, hingga seni budaya dan adat istiadatnya. Dilihat dari jumlah penduduknya, Indonesia bisa dibilang merupakan jumlah penduduk terbesar keempat setelah Cina, India, dan Amerika.

Di Indonesia itu semuanya ada, apa yang ada di dunia ini juga ada di Indonesia. Indonesia itu istimewa, contoh saja seperti Zona Waktu, hanya di Indonesia lah yang memiliki 3 zona waktu yang berbeda beda yaitu, Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

Seperti yang bisa kita lihat bahwa Indonesia juga memiliki pariwisata yang bermacam-macam dan banyak sekali, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pariwisata merupakan sektor ekonomi penting bagi Indonesia. Seperti contohnya kita bisa melihat di masa lalu pada tahun 2009 pariwisata Indonesia menempati urutan ketiga dalam hal penerimaan devisa setelah komoditi minyak dan gas bumi serta minyak kelapa sawit.

Berdasarkan data tahun 2016 jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia sebesar 11.525.963 juta lebih atau tumbuh sebesar 10.79% dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan akan terus meningkat sampai 10 tahun kedepan, pariwisata Indonesia memiliki kekuatan yang diakui dunia. Tidak hanya keindahan alamnya saja tetapi keindahan alam buatannya juga tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan luar negeri.

Sehingga banyak dari wisatawan mancanegara datang ke Indonesia untuk berlibur menikmati pesona indonesia yang luar biasa. Inilah moment terbaik yang dimana pemerintah juga sedang fokus untuk meningkatkan pariwisata Indonesia dengan mengembangkan 10 destinasi wisata baru di Indonesia, antara lain Danau Toba, Wakatobi, Pulai Komodo, Labuan Bajo, Mandalika, NTT, dan lain sebagainya.

Bahkan tahun 2019 mendatang wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia sudah ditargetkan oleh Presiden Jokowi sebesar 20 juta. Itu artinya jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia dapat diharapkan naik 100% dari pencapaian pada tahun 2016 kemarin yang baru mencapai 10-11 juta atau rata-rata 25% per tahunnya. 

Dari sinilah kita bisa mengenalkan rupiah yaitu mata uang kita mata uang Indonesia keluar bersaing dengan mata uang negara lain melalui pariwisata-pariwisata yang kita miliki dan juga bisa melalui teknologi yang sudah berkembang dan maju di wilayah Indonesia, dengan berkembangnya teknologi ini pula secara langsung juga akan melahirkan beberapa layanan-layanan yang dapat membantu dan memudahkan masyarakat indonesia dalam bertransaksi baik itu dibidang pariwisata maupun keuangan, salah satunya ialah adanya Financial Technology (Fintech).

Financial Technology (Fintech)

Secara umum, Fintech merupakan singkatan dari kata Financial Technology. Sebuah bisnis yang bergerak di bidang perusahaan teknologi yang bertujuan untuk memperbaiki sistem finansial dengan mengandalkan software. Sebagai contoh mudahnya yaitu aplikasi pembayaran via ponsel, transfer uang, transaksi pinjaman, bahkan investasi.

Perkembangan ekonomi digital ini tidak hanya didukung oleh lembaga keuangan saja, perlu adanya kolaborasi antara lembaga keuangan, startup, e-commerce serta pemerintah sendiri dalam mendukung perkembangan fintech serta mengajak masyarakat indonesia untuk cinta rupiah dan bertransaksi menggunakan rupiah di dalam segala aspek aktivitas keuangan yang mereka lakukan.

Fintech merupakan layanan keuangan berbasis digital yang terbentang mulai dari sistem pembayaran, layanan perbankan, layanan asuransi, pinjaman, urun dana kepada masyarakat melalui media digital. Sedangkan e-commerce sendiri berupa toko online, layanan transportasi online, layanan dukungan pariwisata online, dan lain sebagainya.

Keuntungan Menggunakan Fintech Dalam Bertransaksi

Dalam pelayanan perbankan saat ini Indonesia memanfaatkan teknologi digital untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya, seperti misalnya penggunaan mesin ATM yang mempermudah masyarakat yang memiliki kartu ATM tidak perlu repot lagi untuk datang ke teller serta antri dengan nasabah lainnya. Dengan hadirnya mesin ATM ini masyarakat Indonesia sendiri dapat bertransaksi mulai dari pengecekan saldo, serta berbagai macam sistem pembayaran lainnya tanpa ada batasan waktu menggunakan uang rupiah yang mereka simpan di bank.

Dengan hadirnya kartu ATM juga lebih praktis dalam penyimpanan uang rupiah, pembayaran pun bisa dilakukan dimana saja. Dan juga tentunya faktor kemanan seperti misalnya jika kartu ATM hilang tentunya uang rupiah yang kita simpan juga tidak akan hilang, karena uang kita tersimpan di bank.

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa perkembangan ekonomi digital tidak mungkin akan berkembang sendiri tanpa adanya dukungan dari pihak lain. Inilah moment yang paling penting untuk berkolaborasi antara lembaga keuangan, startup, e-commerce serta dukungan dari pemerintah sendiri untuk mengembangkan ekonomi digital indonesia yang mampu untuk bersaing dengan global dan membangun rasa cinta masyarakat Indonesia untuk cinta rupiah, cinta Indonesia, cinta produk Indonesia, dan cinta segala macam suku budaya serta pariwisata Indonesia.

Perluasan kerja sama juga dapat dilakukan melalui MEA ( Masyarakat Ekonomi ASEAN). Dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tingkat perekonomian negara akan menjadi lebih baik. Salah satu contohnya yaitu adanya pasar bebas antar negara di ASEAN, dengan adanya perdagangan pasar bebas ini akan berdampak positif pada ekspor yang pada akhirnya juga akan meningkatkan GDP Negara, dan juga pastinya akan menambah devisa negara juga.

Perkembangan teknologi di Indonesia ini banyak memunculkan berbagai inovasi-inovasi baru khususnya dalam melakukan transaksi. Inovasi yang diciptakan pula mempermudah kerja bank untuk mendistribusikan uang rupiah kepada masyarakat yang disebabkan karena terbatasnya jangkauan, koneksi, serta masalah listrik. Sehingga masyarakat yang jauh dari jangkauan tersebut pula dapat bertransaksi membeli barang dengan rupiah yang mereka miliki dan kebutuhan masyarakat terpenuhi.

Seperti kita bisa melihat pada saat ini perkembangan teknologi dalam keuangan sebagai contoh kemudahan masyarakat dalam berinvestasi rupiah secara online, lalu kemudahan masyarakat dalam melakukan donasi rupiah kepada orang yang membutuhkan bantuan dana ataupun hal lainnya, dan juga kemudahan masyarakat untuk melakukan pembayaran secara online dari berbagai macam startup dan e-commerce yang berkembang di Indonesia, dan masih banyak lagi tentunya.

Fintech itu bukan ancaman, malah jadi partner. - Vice President PT Bank Mandiri Area Yogyakarta, Rudi As'Aturridha saat seminar di Tjokro Style, Gejayan.

Saat ini di Indonesia, model bisnis Startup e-commerce berkembang cukup signifikan. Tidak hanya di sektor pariwisata saja, tetapi juga pada layanan transportasi dan keuangan pun fintech hadir. Bisnis fintech in akan menjadi bisnis yang besar dan tentunya dapat meningkat standar hidup orang Indonesia, termasuk pengusaha menengah kecil. Selain dapat mengembangkan struktur keuangan sebagai solusi untuk meningkatkan daya beli masyarakat, bisnis ini juga dapat menyediakan sistem pinjaman yang transparan.

Di Indonesia, baru 19% penduduknya yang menggunakan bank. Artinya, masih ada 81% dari penduduk Indonesia yang belum menggunakan bank, dan ini dapat menjadi pasar potensial untuk bisnis fintech. Pembayaran tanpa kartu kredit pun sudah ada di Indonesia, masyarakat dengan mudah melakukan transaksi pembelian barang tanpa menggunakan kartu kredit. Bertransaksi dengan rupiah untuk membeli barang melalui cicilan kepada perusahaan dan masyarakat tersebut pun sudah dapat memiliki barang yang mereka inginkan.

Itu artinya inilah moment terbaik sebagai solusi terobosan dalam dunia perbankan untuk berkolaborasi, bekerja sama untuk membangun rasa cinta masyarakat Indonesia untuk selalu memanfaatkan uang rupiah yang mereka miliki untuk bertransaksi, berbagi dengan berdonasi untuk orang lain serta bangga terhadapa Indonesia, bangga menggunakan rupiah dalam setiap transaksi yang dilakukan. Bangga akan produk-produk yang dimiliki Indonesia.

Wujud kecintaan terhadap Indonesia juga dapat dibagikan kepada wisatawan mancanegara yang berkunjung di Indonesia untuk selalu menggunakan rupiah di dalam segala aspek keuangan yang mereka lakukan. Selain wisatawan yang berkunjung ke Indonesia dapat menambah devisa negara dari uang yang ditukarkan tentu juga akan memberikan kesejahteraan bagi orang-orang yang tinggal di sekitar tempat wisata yang dikunjungi. Seperti dapat menjual barang untuk wisatawan, oleh-oleh, pernak-pernik, dan lain sebagainya.

Indonesia itu kaya, banyak cara kita untuk mencintai Indonesia, mencintai rupiah, mencintai produk Indonesia melalui wisata alam, wisata belanja, wisata budaya, wisata keagamaan, wisata kuliner, wisata adat, wisata seni yang kita miliki dan dengan menggunakan Rupiah pada setiap transaksi juga, maka kita sudah ikut membantu menjaga kestabilan nilai tukar Rupiah dan membangun kepercayaan dunia pada Rupiah kita. Untuk itu mari kita jaga dan rawat rupiah dengan baik dengan mengenali 5 Jangan dalam merawat rupiah kita.


GERAKAN CINTA RUPIAH

Rupiah merupakan mata uang resmi yang digunakan oleh Indonesia untuk melakukan transaksi ekonomi. Bagi masyarakat yang tinggal dalam wilayah Indonesia, rupiah sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI. Rupiah merupakan salah satu simbol kedaulatan negara yang wajib dihormati dan dibanggakan oleh seluruh warga negara Indonesa. Dengan demikian, sudah menjadi kewajiban bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan Uang Rupiah dalam setiap transaksi di wilayah NKRI.

“Gerakan Cinta Rupiah” yang digalakan oleh Bank Indonesia untuk mengajak masyarakat menunjukan rasa bangga terhadap Indonesia. Berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang (UU Mata Uang). Yuk gunakan rupiah di segala transaksi yang kita lakukan, dan buktikan kepada orang luar bahwa rupiah bisa bersaing dengan mata uang negara lainnya. Aku Cinta Indonesia Aku Cinta Rupiah.




 MyRepublic - Paket Internet TV Kabel Terbaik di Indonesia

INTERNET UNTUK SEMUANYA

Internet di masa kini bagaikan sudah menjelma menjadi kebutuhan primer yang setara dengan makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Tanpa adanya akses internet, rasanya kehidupan seseorang belum benar-benar hidup. Internet membuka cakrawala manusia, sebagai sarana yang mampu memberitahu manusia tentang berbagai hal yang ada di kota lain, negara lain, bahkan benua lain.

Hampir segala kalangan usia kini juga membutuhkan internet. Para orangtua dimudahkan mencari hiburan untuk anak balitanya menggunakan internet, siswa dan mahasiswa membutuhkan internet untuk mendukung proses belajar-mengajarnya, hingga para pekerja kantoran yang memanfaatkan internet untuk keperluan bisnisnya.

Bahkan bagi startup atau e-commerce yang ada di Indonesia tentu juga membutuhkan internet untuk memudahkan penggunanya mengakses halaman yang mereka miliki, sehingga akses yang dilakukan pun menjadi lebih mudah tanpa harus datang secara fisik mengunjungi secara langsung gerai atau tempat yang mereka miliki. Disini lah peran MyRepublic membantu masyarakat Indonesia untuk selalu terhubung dengan internet, membantu masyarakat Indonesia untuk tahu banyak hal melalui internet, menggali pengalaman dan pengetahuan melalui internet.

MyRepublic adalah penyedia layanan internet berskala internasional yang secara konsisten terus meningkatkan standar internet di Asia, dan telah beroperasi di Singapura, New Zeland, Indonesia dan Australia. Saat ini layanan fiber broadband MyRepublic telah tersedia di 6 kota besar di Indonesia yaitu, Jabodetabek (termasuk Cibubur), Surabaya, Malang, Semarang, Palembang, Medan.

More Streaming, More Content, More Choices. Memperkenalkan internet fiber ultra cepat yang dirancang khusus untuk pengalaman gaming dan video streaming terbaik.

PAKET INTERNET UNGGULAN MYREPUBLIC




Ingin merasakan pengalaman internet fiber terbaik? 
#StartupLyfe #DWVlogCompetition #MyRepublicIndonesia

Sumber Foto : Andrie Kristianto , Bank Indonesia. Facebook MyRepublic, 

0 Response to "Financial Technology (Fintech) Solusi Keuangan Digital Masa Depan"

Centang kotak Notify me untuk mendapatkan balasan notifikasi komentar di email Anda.
Jangan Scroll lagi! Sekarang kalau mau komen, tombol komentarnya udah pindah keatas. Kembali ke Atas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel