Catatan Diary Mahasiswa Anak Perantauan. - Andrie Kristianto

Banner 468 x 60

Loading...

Pentingnya Peranan Pendidikan (Edukasi) Dalam Mendorong Kemajuan Bangsa

"Pendidikan adalah senjata yang paling ampuh yang bisa Anda gunakan untuk mengubah dunia." 
- Nelson Mandela - 

Pentingnya Peranan Pendidikan (Edukasi) Dalam Mendorong Kemajuan Bangsa. Pendidikan adalah salah satu dari banyak kesuksesan pemerintah dalam membangun sebuah negara dengan meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Peranan pendidikan dalam mendorong kemajuan bangsa mengambil peran yang sangat penting bagi proses peningkatan kemampuan dan daya saing suatu bangsa di mata dunia.

Pendidikan adalah bekal yang harus dimiliki oleh setiap orang untuk mencapai segala sesuatu yang telah menjadi target dalam hidupnya. Dengan pendidikan manusia juga bisa mengembangkan diri, mental, pola pikir, dan juga kualitas diri seseorang. Karena di dalam pendidikan manusia akan belajar berinteraksi antar satu orang dengan yang lain.

Dengan cara seperti itu, manusia akan tahu apa potensi yang harus dikembangkan dari dalam diri mereka. Manusia juga akan tahu mana hal-hal yang baik yang harus dilakukan. Serta hal-hal buruk yang harus ditinggalkan. Oleh karena itu, pendidikan mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan seseorang.



Mungkin dari sebagian orang tua tentu berharap bisa memiliki anak yang cerdas dan berprestasi. Mungkin diantara orang tua ada yang iri kalau melihat ada anak tetangga bisa tampil di televisi, juara dalam lomba, atau mencetak prestasi membanggakan dalam bidangnya.

Sementara anak sendiri hanya biasa-biasa saja. Atas kondisi ini orang tua pun hanya bisa menjustifikasi; ah, kalau anak-anak itu pada dasarnya cerdas, IQ-nya tinggi pantas saja berprestasi. Lagian mereka juga dapat dukungan fasilitas karena orang tuanya kaya. Apakah benar demikian bahwa hanya anak yang ber-IQ tinggi dan berasal dari keluarga kaya yang bisa meraih keberhasilan dan kesuksesan?

Jawabannya adalah tidak! Bukan karena IQ tinggi dan dukungan fasilitas lengkap yang menentukan keberhasilan seorang anak, meskipun tak dipungkiri hal ini ikut berperan. Karena kenyataan membuktikan; banyak orang yang sukses di usia dewasa justru berasal dari keluarga tidak mampu. Banyak orang-orang sukses dan berhasil menjadi pemimpin bukan karena kecerdasan otaknya, melainkan karena pengalaman dan kepribadiannya.

Jadi bagi para orang tua tak perlu berkecil hati jika anaknya tidak memiliki prestasi akademik yang tinggi. Sebab, mereka masih bisa meraih prestasi di bidang lain. Seperti mungkin dalam bidang seni, ketrampilan, olah raga, dan bidang lainnya. Yang diperlukan dari orang tua adalah bagaimana memberikan perhatian kepada anak-anak agar mereka bisa mengembangkan bakat dan potensinya dengan baik. Untuk membina dan mengembangkan bakat si kecil orang tua bisa memulainya sejak usia dini.

Pengembangan potensi salah satunya dapat dilakukan dengan cara belajar di luar kelas atau melakukan kursus belajar di luar sekolah. Salah satunya ialah belajar kursus di EduCenter,  dengan belajar kursus juga lebih membuka pandangan para siswa sehingga pengetahuan di luar kurikulum pun dapat diterima lebih baik.


EduCenter memiliki tujuan menjadi solusi dari masalah pendidikan anak zaman kini, yakni menghabiskan terlalu banyak waktu dan energi untuk berpindah-pindah dari satu kursus ke kursus lainnya

EduCenter merupakan mall edukasi pertama di Indonesia dengan konsep “one stop excellence of education”. Dengan lokasi yang strategis, dikelilingi 31 institusi pendidikan dan 4 cluster perumahan elit di BSD.

Seperti layaknya sebuah mall, EduCenter memiliki banyak hal untuk ditawarkan seperti restoran, food court, taman bermain anak, dan tentu saja banyak tempat kursus terkemuka. Apple Tree Pre-School, UniSadhuGuna, Farabi Music School, Young Chefs’ Academy, CMA Mental Arithmetic, Shane Learning Centre, Calculus, Flamingo Studio, Wow Art Studio, Far East Education, hanyalah beberapa di antaranya. Dengan konsep yang revolusioner dan terintegrasi, EduCenter memberikan nuansa yang menyenangkan bagi para generasi muda untuk menikmati pengalaman belajar yang sempurna.


Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Daoed Joesoef mengatakan, ketahanan dan kekuatan suatu bangsa terletak pada bidang pendidikan itu sendiri. "Pendidikan merupakan kunci suatu bangsa. Tidak ada bangsa yang maju, yang tidak didukung pendidikan yang kuat." kata Daoed Joesoef (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, 1978-1983).

Pentingnya peranan pendidikan dalam mendorong kemajuan bangsa, maka akan membuat Indonesia menjadi bangsa yang besar dan disegani. Daoed mengungkapkan, Indonesia perlu belajar dari kesadaran bangsa Jepang terhadap pentingnya pendidikan. Baik pimpinan maupun rakyat Jepang, memiliki pandangan yang sama tentang pentingnya pendidikan.

Dalam banyak kasus, pendidikan yang terintegrasi dengan nilai-nilai moral akan mampu membentuk sumber daya manusia yang unggul dengan tetap memiliki harkat dan martabat sebagai manusia yang berbudaya.

Secara umum kita mengenal lembaga pendidikan ada tiga macam, yaitu pendidikan formal, informal dan nonformal. Ketiganya adalah satu paket sukses yang mampu membentuk karakter anak bangsa yang tangguh dan tetap berkepribadian dengan ciri khas bangsanya.

Pendidikan keluarga juga memegang peran vital dalam mengajarkan pengalaman-pengalaman hidup yang berharga bagi masa depan anak didik di kemudian hari. Oleh karena pendidikan dimulai sejak dini, karena dari sinilah generasi penerus atau generasi masa depan dimulai.

Keselarasan pendidikan akademis dan non-akademis adalah salah satu tujuan bagi pendidikan nasional yang kini tengah di bangun Pemerintah.


Perpaduan pendidikan akademis dan non-akademis efeknya akan kita rasakan dalam beberapa tahun ke depan. Para sarjana bukan hanya berani dan terampil maju ke depan dalam berkompetisi dengan warga negara lain, tapi juga bisa mempraktekkan karakter luhur bangsa Indonesia dengan ciri khas Pancasila yang menjadi ruh bangsa. Maju terus pendidikan Indonesia!

5 Response to "Pentingnya Peranan Pendidikan (Edukasi) Dalam Mendorong Kemajuan Bangsa"

Terima kasih sudah berkunjung

Balas

kalau gak ada atau gak mengenyam pendidikan, bakal susah dong dapet kerjaan, jadi gak gaul, gak tahu kemajuan dan gak berkembang ;))

Balas

Pendidikan banyak manfaatnya. Namun ternyata tidak menjamin pendidikan tinggi membuat individu jadi orang yang layak berpendidikan. Justru pendidikan tinggi, membuat banyak orang sombong, padahal dalam pendidikan, kita selalu diajarkan mengenai filosopi padi, semakin berisi makin merunduk.

Balas

Nah itu dia mba, wajib menuntut ilmu sejak dini.. bagaimana pun itu caranya

Balas

benar sekali itu mas, pendidikan tidak menjamin seseorang bisa bertindak baik.. tergantung apa yang diajarkan baik itu di sekolah ataupun dirumah, sebenarnya kita mencari ilmu sendiri pun bisa namun pasti akan memakan waktu yang sangat lama sekali, karena kita melakukannya sendiri.

Oleh karena itu kita butuh bantuan orang lain untuk mencapai sesuatu, entah itu dalam belajar, berusaha, mencapai impian, dan lain sebagainya. Mempunyai pendidikan tinggi mungkin menjadi impian banyak orang, apalagi bisa sampai Sarjana. Pasti ingin banget itu, tapi tergantung dari kita sih, mau belajar atau tidak

Balas
  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Pentingnya Peranan Pendidikan (Edukasi) Dalam Mendorong Kemajuan Bangsa" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode