Maret 23, 2017

#ExploreWonosobo: Telaga Warna Dieng

Telaga Warna adalah salah satu objek wisata yang berada di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga ini merupakan salah satu destinasi andalah Wonosobo, banyak orang datang kesini, foto, pacaran, jombloan, ngenesan... macem-macem lah. Nama Telaga ini diberikan karena keunikan yang terjadi pada telaga ini, yaitu warna air telaga ini yang sering berubah-ubah. Terkadang berwarna hijau, terkadang kuning, terkadang orange, dan masih banyak warna lainnya.

Telaga Warna berada di ketinggian 2000 mdpL dan dikelilingi oleh bukit bukit yang tinggi yang mengelilingi telaga ini. Jadi naik ke Telaga Warna ini bisa naik kendaraan apapun. Jadi naik Telaga ini seperti naik setengahnya Gunung Merbabu, gunung merbabu aja 3000lebih mdpL, dieng udah 2000an.. hemm lumayann..

SPOT FOTO TELAGA WARNA
Foto diatas saat sudah sampai di Telaga Warna diatas salah satu bukit yang mengelilingi Telaga Warna ini, makin ke atas pemandangan yang diberikan makin luar biasa. Sebenarnya spot di telaga warna ini banyak banget, dan tempatnya juga keren banget.. Seperti yang di sebatang pohon yang roboh juga kerenn kalau mau foto-foto,

atau mau diatas jembatan merah putih juga bisa, untuk menuju kesana kamu harus membayar terlebih dahulu, biayanya Rp. 10.000 per orang. Pemandangan yang diberikan keren banget, background dari jembatan itu sendiri sama seperti yang lainnya yaitu Telaga Warna itu sendiri. Hanya saja kita berdiri diatas jembatan yang bergoyang-goyang.

Tidak hanya jembatan, spot untuk foto juga ada yang lainnya seperti diatas batu besar yang menjulang tinggi keatas, bisa dinaiki dengan menaiki tangga di samping dari batu tersebut. Disitu kita berdiri dan di foto dari belakang. Pemandangan bakground yang diberikan sama seperti jembatan yaitu Telaga Warna itu sendiri. Hanya saja jika kamu berfoto dari batu tersebut, Dataran Dieng dari batu itu seperti terlihat semuanya. Kerennnn!

Saya ingin sedikit bercerita mengenai perjalanan saja menuju Telaga Warna Wonosobo Dieng ini bersama dengan Ketiga teman saya, yaitu Dinda, David, dan Teresia. Kami berempat pergi bersama kumpul di kampus kami tercinta UKDW Yogyakarta Jam 6 Pagi lalu jam Setengah 7 Pagi kami langsung berangkat menuju wonosobo.

Perjalanan kami menuju wonosobo mengendarai sepeda motor berdua, masing masing menggandeng 1 orang yaitu sekitar 2-3 jam dari Yogyakarta ke wonosobonya. Lalu jika kamu ingin lanjut lagi, seperti ingin ke Telaga Warnanya waktu yang ditempuh sekitar 50menit an, ya jika dibulatkan hampir 1 jam perjalanan menuju Dataran Tinggi Dieng.

Sebelum sampai ke Telaga Warna, kita melewati berbagai destinasi Wisata, seperti Kebun Teh Tambil Wonosobo, lokasinya berada di sebelah Kanan Jalan Bertulisankan '' Kebun Teh Tambi '', disana kami sempat berfoto dan bervideo bersama sama. Memakai 1 gaya dan banyak gaya pula kami lakukan. Menyenangkan sekali perjalanan kami ini..

Diatas adalah foto-foto kami saat berada di Kebun Teh Tambi Wonosobo, disana udaranya tidak terlalu dingin, disarankan untuk membawa jaket yang super tebal.. Karena jika sudah berada di Dataran Dieng yang menuju Telaga Khususnya udara nya sangat sangat super super dingin. Bawa selimut selama perjalanan juga tidak apa-apa.

Sebenarnya pada awalnya tujuan kami Destinasi pertama itu adalah Bukit Sikunir, disana pemandangan luar biasa, kita berada diatas awan, dan berdiri di tengah-tengahnya. Kerenn banget, apalagi itu saat sunrise atau sunset. WOW!!, sayang sekali pada saat itu kami kesana saat panas, ditambah lagi saat kami menuju kesana jalan yang kami ambil salah, jadi jalan yang kami tempuh itu berbatu semua dan tidak bisa dilewati. Jadi jangan terlalu berharap sama Google Maps. Ya! Memang benar jalan yang diberikan benar, tapi jika sulit untuk dijangkau sama saja kan. Padahal jalur yang lebih mudah ada, sebenarnya jalan berbatu yang kami lalu untuk menuju Bukit Sikunir itu bisa sampai bukit tersebut, tetapi karena motor kami tidak kuat untuk melalui jalan tersebut, kami terpaksa untuk kembali lagi kebawah. Daripada motor kami rusak, abis bensin kami memutuskan untuk kembali. Bukit Sikunir GAGAL!

Jika sudah sampai Wonosobo yang jalannya tanjakan terus itu lurus saja, jangan belok-belok. Jalan yang kami ambil menuju Bukit Sikunir belok ke kiri masuk gapura warna hitam. Disana pemandangannya hanya seperti ini saja, yang katanya terdapat Desa Tertinggi di Pulau Jawa,,

Yah pemandangannya disana hanya seperti itu, bukit bukit, lalu sawah, lalu perumahan, dan Desa Tertinggi di Pulau Jawa itu 2000 mdpL, waw. Kami pun kembali ke jalan utama saat kami masuk menuju gapura itu, lalu belok kiri ke atas menuju Dataran Tinggi Dieng.

Setelah selama 2 jam lebih kami sampai di Dataran Dieng Wonosobo, memang benar udaranya sangat dingin sekali, diharapkan untuk menggunakan masker, jaket yang tebal, lalu pakaian tertutup. karena DINGIN BROHHH!!!! dan bisa membuat kulit hitam, walaupun sebenarnya dingin tapi entah kenapa membuat kulit menjadi gosong dan hitam.

Hal itu terjadi pada teman saya, dinda. Ia menggunakan masker saat ia beli di indomaret. Seluruh wajahnya tertutup kecuali matanya, karena dia pakai kacamata, serta JIDATNYA dan yang lainnya tertutup semua. Setelah saat ingin makan, masker yang ia gunakan dilepas, lalu terlihatlah semacam belang. Maksudnya tubuh yang ditutupi putih, namun bagian tidak tertutup itu menjadi gosong atau bisa dibilang hitam. hahahaha... Kami pun tertawa melihat hal itu, walaupun kami pun juga sama.

Kalau saya sendiri yang belang itu pada bagian tangan saya. Saya kan tidak menggunakan sarung tangan, jadi hanya menggunakan Jaket yang tidak terlalu tebal. Jadi saat saya melepaskan jaket terjadilah hal yang tidak menyenangkan, yaitu tangan saya belang. Bagian yang tertutupi kain putih dan yang tidak tertutupi menjadi hitam. hahahhaha..