10 Permainan Legendaris Yang Tak Terlupakan



10 Permainan Legendaris Yang Tak Terlupakan


10 Permainan Legendaris Generasi 90-an. - Kalau kamu lahir antara tahun 90-an sampai 2006 gitu pasti pernah merasakan bermain permainan-permainan ini. Mungkin untuk saat ini sangat jarang sekali ditemukan yang bermain permainan ini. Sejak berkembangnya teknologi dan banyak bermunculan permainan-permainan baru berbasis teknologi, permainan ini sempat ditinggalkan. Tetapi jika kamu berkunjung ke desa-desa mungkin saja masih ada orang yang memainkan permainan-permainan yang takkan terlupakan ini.

Nostalgia yukdah ke Permainan Legendaris Generasi 90'an pasti masih pada inget kan? apa sih pemainan yang tidak pernah kamu lupakan dari permainan dibawah ini:

PERMAINAN LEGENDARIS GENERASI 90'AN 

1. Petak Umpet

Biasanya permainan ini dimulai dengan Hompimpa untuk menentukan siapa yang menjadi "penjaga" (berperan sebagai pencari teman-temannya yang bersembunyi). Si penjaga ini nantinya akan memejamkan mata atau berbalik sambil berhitung sampai 10, biasanya dia menghadap tembok, pohon atau apasaja supaya dia tidak melihat teman-temannya bergerak untuk bersembunyi (tempat jaga ini memiliki sebutan yang berbeda di setiap daerah, contohnya di beberapa daerah di Jakarta ada yang menyebutnya INGLO, di daerah lain menyebutnya BON dan ada juga yang menamai tempat itu HONG). Setelah hitungan sepuluh (atau hitungan yang telah disepakati bersama, misalnya jika wilayahnya terbuka, hitungan biasanya ditambah menjadi 15 atau 20) dan setelah teman-temannya bersembunyi, mulailah si "penjaga" beraksi mencari teman-temannya tersebut.


Jika si "penjaga" menemukan temannya, ia akan menyebut nama temannya sambil menyentuh INGLO atau BON atau HONG, apabila hanya meneriakkan namanya saja, maka si "penjaga" dianggap kalah dan mengulang permainan dari awal. Apabila Yang seru adalah, pada saat si "penjaga" bergerilya menemukan teman-temannya yang bersembunyi, salah satu anak (yang statusnya masih sebagai "target operasi" atau belum ditemukan) dapat mengendap-endap menuju INGLO, BON atau HONG, jika berhasil menyentuhnya, maka semua teman-teman yang sebelumnya telah ditemukan oleh si "penjaga" dibebaskan, alias sandera si "penjaga" dianggap tidak pernah ditemukan, sehingga si "penjaga" harus kembali menghitung dan mengulang permainan dari awal.

Permainan selesai setelah semua teman ditemukan. orang yang pertama ditemukan yang menjadi "penjaga" berikutnya.

2. Gobak Sodor

Masih ingat dengan permainan ini? Biasanya 1 team bisa mencapai 4-5 orang bahkan lebih tergantung dari kesepakatan, untuk bermain permainan ini hanya menggambarkan kotak-kotak seperti diatas. Untuk menggambar kotak tersebut dapat menggunakan apa saja, seperti menggunakan kapur, atau sekedar coretan di tanah menggunakan kayu. Siapa saja yang dapat lari dan lolos dari tangkapan sang penjaga maka dia yang akan menang. Permainan ini terdiri atas 2 tim yaitu satu tim sebagai tim penjaga dan tim lainnya sebagai tim bertugas untuk melewati garis yang telah dibuat dari depan kebelakang atau dari belakang ke depan. Menyenangkan sekali, kan?

3. Gangsingan 

Permainan ini menggunakan gasing yang terbuat dari kayu dan terdapat lilitan benang nilon. Tangan kanan memegang gasing dan tangan kiri memegang tali. Jumlah pemain sebaiknya lebih dari dua orang. Setiap anak harus siap melempar gasing bersamaan setelah kesepakatan hitungan yang dibuat. Gasing akan bertabrakan dan gasing yang berputar paling lama adalah pemenangnya.

Biasanya di sore hari banyak sekali orang yang bermain permainan ini, dimulai dari usia yang sangat muda sampai dengan usia tua pun masih bermain ini. Dan juga permainan ini dapat melatih kelihaian dalam bermainan gangsingan ini.

4. Engklek

Engklek juga disebut sunda manda oleh daerah lain di Indonesia. Permainan ini dilakukan dengan menggambar kotak-kotak yang menumpuk dan terdapat setengah lingkaran di bagian paling atas. Setiap anak memiliki giliran untuk melewati kotak-kotak tersebut dengan melempar suatu benda seperti batu sebelum lompat. Anak yang berhasil melewati kotak-kotak tersebut dengan lincah dan menyelesaikan pertama akan jadi pemenangnya.

Biasanya di kampung halaman kebanyakan cewek yang sering memainkan permainan yang satu ini, dengan lincahnya mereka melompat dan bergerak dan pada akhirnya menang. Wahh keren sekaliii..

5. Kelereng

Banyak anak-anak lelaki senang bermain kelereng alias gundu. Gundu ini dimainkan dengan cara menggambar lingkaran kecil di tanah kemudian membuat lubang untuk lima butir gundu. Semua anak mendapat giliran untuk menyerang kelereng yang ada di dalam lingkaran dengan satu gundu ditangan. Jika kelereng yang diserang keluar, kelereng yang keluar itu boleh diambil oleh penyerang yang berhasil tersebut. Permainan ini melatih kelihaian melempar gundu.

Atau dapat juga bermain kelereng dengan membuat lubang yang dalam dan bermain bersama teman lainnya, didalam permainan ini ditentukan angka kesepakatan dan yang dapat tercepat mencapai angka yang telah disepakati makan dialah pemenangnya..

6. Lompat Tali

Ini permainan yang kebanyakan dimainkan oleh anak perempuan. Cara permainannya adalah karet dibuat panjang sebagai tali, kemudian dipegang dua orang masing-masing ujungnya. Kemudian lompat tali dimulai dari rendah sampai setinggi yang bisa dilakukan pemegang tali. Tidak hanya perempuan saja yang dapat memainkan permainan satu ini, bahkan pria pun dapat melakukan yang dilakukan perempuan seperti meloncati tali dan sampai pada kemenangan sang pria, keren bukan.

7. Ular Naga

Permainan ini bisa dimainkan baik cowok dan cewek secara bersama-sama. Dua orang anak akan membentuk lorong orang dengan menyatukan tangan, anak-anak lain akan berbaris panjang layaknya ular. Anak-anak lain yang bertugas sebagai ular akan memutari dan masuk ke lorong. Kedua anak harus mengalungkan tangan ke barisan ular sampai ular habis. Kalau sudah habis, yang terjadi adalah rebutan anak antara dua ular, seru bukan? Permainan ini bisa mengasah kecepatan dan menambah kebersamaan lho

8. Cublak-cublak Suweng

Permainan ini menggunakan segunduk kecil tanah dan setiap pemain membawa lidi. Permainan dimulai dengan menyendok gundukan tanah dengan lidi. Pada ujung lidi harus terdapat tanah yang diambil dari gundukan tadi dan jika tidak, maka pemain tersebut dianggap kalah dan akan mendapat hukuman dari teman-temannya. Permainan cublak-cublak suweng ini melatih kecepatan dan kehati-hatian.

9. Kontrakol 

Kotrakol ini dilakukan dengan menumpuk pecahan genteng yang kemudian akan menjadi sasaran oleh anak-anak yang bermain. Anak-anak melemparkan bola tenis dan buat yang berhasil maka anak-anak harus berlari sebelum dilempari bola oleh lawan. Permainan ini dilakukan oleh dua kelompok. Kelompok pertama mendapat giliran melempar sampai tumpukan pecahan genteng habis. Sedangkan kelompok kedua berjaga dan bersiap melempar bola jika kelompok pertama berhasil melempari pecahan genteng.

10. Jamuran

Permainan ini banyak dimainkan oleh anak-anak di Jawa. Permainan ini dilakukan dengan anak-anak membentuk lingkaran sambil menyanyikan "Jamuran...jamuran... jamur opo wong gunung?" sementara ada anak yang berada di tengahnya. Anak tersebut akan menjawab nyanyian dengan menyebutkan jenis jamu kemudian anak-anak yang lain menghukumnya dengan memberikan jamu yang diminta dalam bentuk gelitik atau cubit. Permainan ini untuk melatih rasa percaya diri dan kebersamaan.

Nah gimana masih ingat dengan permainan-permainan diatas, menyenangkan sekali dulu masih bisa merasakan dan ikut bermain dalam permainan tersebut. Semoga saja sekarang ini masih dilestarikan permainan-permainan itu ya supaya tidak punah dan terus berkembang hhe...

Mungkin saja kamu juga tidak asing permainan anak 90'an lainnya seperti dibawah ini:

Bermain Yoyo pasti waktu kecil kamu jago yakan?

Dulu kamu nggak bisa dibilang kece kalau belum sempat tiup gelembung dengan aroma khas ini.

Dan jika kamu pernah melakukan ini berarti masa kecilmu kurang kerjaan, hhaha

Biasanya alat ini dipakai untuk ngambil buah jambu yagak? hhe Ketapel gitulohh!

Siapa yang pernah jailin temennya pake tulisan kayak gini, hayo ngaku?

Siapa yang masih nonton film ini di Indosiar yakali?

Gambar Legendaris hahaha

Sumber : ayosebarkan.com, google.com, facebook.com, 



www.pi-sang.com adalah blog yang membahas berbagai hal yang ada, seperti Wisata, Kuliner, dan Teknologi. Kontak kami melalui : andriepreneur@gmail.com..