Tips Memulai Suatu Usaha atau Bisnis

Terkadang ingin membuka suatu usaha atau bisnis baru merasa takut gagal dalam membangun suatu bisnis baru sendiri, ada yang tidak mengerti caranya membuka usaha baru, ada yang sudah membuka lalu tidak dilanjutkan lagi, ada yang sudah membuka, mau melanjutkan tapi saat terjadi ancaman atau hambatan lalu pergi dari masalah itu dan berhenti memulai suatu usaha, tapi jika dalam suatu usaha atau ingin membuka suatu usaha atau bisnis baru haruslah memiliki suatu Bussiness Plan atau Rencana Bisnis, seperti memiliki tujuan kedepannya dalam bisnis atau usaha memiliki visi dan misi yang jelas, dan konsisten dalam membangun dan mengembangkan suatu usaha atau bisnis baru.


Selamat pagi, hari ini saya jarang nulis-nulis lagi.. Yahhh karena banyakkk banget tugas, baik itu dari kuliah, organisasi, ataupun komunitas. Dari yang penelitian, wawancara, cari narasumber, bagi-bagiin brosur, promosiin acara, buat makalah, dan masih banyak lagi. Tapi asik juga ya jadi orang sibuk, hhe.

Diselah kesibukan juga ada waktu-waktu kosong yang ga kepake, kebetulan waktu itu ada webinar gratis diadain salah satu Affiliate Marketer Facebook. Dia membagikan apa yang dia dapet dari seminar bareng-bareng mastah, kalau ikut seminarnya itu katanya bayarnya jutaan untuk biaya pendaftarannya.

Wahhh jutaan cuma untuk seminar, tapi kerenlah orang-orang yang ikut dalam seminar itu mastah-mastah dalam berbagai bidang yang dikuasainya, ada mastah SEO, mastah FB Ads, mastah Gooogle Adsense.. Wisss gila-gilaan. Dan saya liat juga dalam video webinar yang dibagikan itu pembicaranya pun masih sangat muda baru 20 tahun, dan pesertanya udah tua-tua diatas 30an. Wahhh keren banget..

Didalam seminar itu materinya Tips dalam memulai Usaha atau Bisnis baru. Didalam video itu cukup lama banget sih, dan mereka yang sebagai peserta dibuat takjub oleh pemuda yang sebagai pembicara dalam seminar itu.. Wuih keren banget, saya pun terkagum mendengar setiap kata yang pemuda itu keluarkan. Gilakkkk ..

Yahh memang benar seperti apa yang dikatakan oleh pemuda itu disetiap bisnis atau usaha harus memiliki Business Plan atau Rencana Bisnis, seperti yang saya katakan diatas tadi. Materi ini saya dapatkan dari webinar yang saya lihat dan dengarkan dan saya bagikan disini semoga dapat bermanfaat bagi yang ingin membuka atau mendirikan usaha bisnis baru supaya dapat sukses kedepannya.

Hal - hal yang harus diperhatikan untuk mendirikan suatu bisnis atau membuka suatu usaha baru yang baik, seperti:

1. Tentukan Identitas Bisnis atau Usaha

Ya benar didalam membangun sautu usaha atau bisnis baru kamu harus tentuin identitas bisnis dan usaha kalian dan berhati-hatilah dalam memberikan identitas dalam usaha atau bisnis kalian, karena itu akan dikenal oleh orang banyak. Dan juga berikanlah suatu yang unik, sesuatu yang bisa mengingatkan orang, seperti huruf "f" warna biru pasti facebook, dan lain-lain. Buat sesuatu yang unik dan mudah diingat.

Didalam bisnis atau usaha diperlukan identitas 
a. yang pertama, yaitu Nama Usaha atau Bisnis yang kamu gunakan, seperti facebook, twitter, blog, instagram, dll. 

b. Yang kedua, yaitu Bidang Usaha yang kamu geluti, dalam membuka usaha itu jangan membuka usaha atau bisnis berdasarkan apa yang kamu sukai lalu jadikan usaha, atau aku suka ini dan ak mau jual ini, aku maunya ini aja, dll. Tapi sebenernya yang bagus itu apa yang masyarakat suka, karena kamu suka belum tentu masyarakat juga suka akan hal itu. 

c. Yang ketiga, yaitu Tempat untuk membangun usaha atau bisnis kamu. Didalam membuka suatu usaha atau bisnis baru perhatikan selalu dalam memilih tempat untuk memulai bisnis atau usaha kamu, pemilihan tempat harus pas, pas lokasinya dan pas target pasarnya. 

Kemarin saya mendengar apa yang dikatakan dosen, katanya ada toko xxx di deket kampusku pemilihan tempatnya itu tidak sesuai gitu dan target pasar toko itu adalah menengah ke atas. Lalu aku pun melihat tempat itu dan ternyata benar, lokasinya itu tidak pas sekali. Pas dengan belokan jalan dan target pasarnya menengah ke atas, kalau menengah ke atas itu kan biasanya kendaraan yang dibawa kan biasanya mobil, dan di toko tersebut pun tidak menyediakan lahan khusus untuk parkir mobil.

Sebenernya enak sih makanannya, enak banget. Tapi dalam pemilihan lokasi yang tidak pas dan sulit untuk dijangkau oleh pembeli yang menengah atas itu jadi toko tersebut jadi sepi oleh pengunjung. Jadi hati-hati dalam memilih suatu lokasi usaha dan target pasarnya yang pas.

d. Yang keempat, yaitu Visi dan Misi Usaha kamu. Didalam suatu bisnis atau membuka usaha baru harus memiliki visi dan misi yang jelas. Memiliki tujuan yang jelas. Dan memiliki prospek kedepannya bisnis atau usaha ini mau dijadikan apa. Jadi realistis dan dapat diukur suksesnya kapan dan jika melakukan sesuatu apakah resikonya besar. 

e. Yang kelima, yaitu Pengelola. Didalam usaha tersebut juga harus ada yang mengelola. Kamu bisa mempekerjakan orang lain untuk mengurus usaha kamu, dan juga memberikan pelatihan-pelatihan khusus untuk yang ingin menjadi pengelola dalam usaha atau bisnis kamu supaya memiliki bekal pengetahuan mengenai usaha yang kamu bangun atau kelola.


2. Analisis Bisnis 

Dalam memulai atau membangun suatu bisnis atau usaha diperlukan analisis bisnis, dengan mengandalkan analisis SWOT yang terdiri atas,
a. Strenght ( Kekuatan ), didalam bisnis atau usaha dibutuhkan kekuatan atau memiliki keunggulan yang dikuasai dan tidak dimiliki oleh orang lain, unggul tapi beda dari yang lain.

b. Weakness ( Kelemahan ), didalam bisnis itu juga harus dapat memanfaatkan kelemahan dalam bisnis atau usahamu sebagai suatu keunggulan. Jadi bukan berarti kelemahan itu menjadi penghambat dalam memulai suatu bisnis pertamamu. 

Sebagai contoh kamu tidak punya uang untuk membangun usaha atau sebuah bisnis pertamamu, jangan berhenti disitu saja. Uang bukanlah segalanya. Kamu masih punya banyak kekuatan lain selain uang. Kamu masih punya modal tenaga tidak hanya uang saja tenaga pun bisa digunakan, tidak punya tenaga? Gunakan modal dari pikiran atau pemikiran mu. Dengan pikiran kamu membuka banyak sekali usaha atau bisnis, atau mau memulai suatu bisnis atau usaha tidak punya waktu yang banyak. Tidak mungkin kamu tidak memiliki waktu luang, itu artinya kamu tidak bisa memanajemen waktumu, mengatur waktumu. Pasti ada walaupun hanya sedikit dan manfaatkanlah waktu itu untuk memulai sesuatu yang baru yang dapat mengubah hidupmu.

c. Opportunity ( Peluang ), dialam memulai suatu usaha atau bisnis pula manfaatkan peluang-peluang yang tersedia diluar, kamu harus lebih update seputar peluang-peluang yang ada. 

Sebagai contoh, kemarin saya diceritakan dosen saya. Ia menceritakan peluang bisnis yang bagus menurut saya, yaitu bisnis 'Kue Ulang Tahun'. Bisnis ini membuka untuk orderan kue ulang tahun perkawinan, ulang tahun perorangan, ulang tahun komunitas, ulang tahun hari jadi, dan semua yang serba ulang tahun yang memerlukan kue. Bukan kue kue yang kecil itu ya, tapi kue yang biasa digunain untuk ulang tahun itu yang besar. 

Nah, dari situ manfaatkan peluangnya misalnya Kue untuk ulang tahun perkawinan. Contoh misalnya ada seseorang yang ingin order kue tar untuk ulang tahun pernikahannya, sudah pasti mereka akan merayakannya tiap bulan atau tiap tahun, berikan sesuatu yang berbeda dan menarik. Seperti misalnya memberikan penawaran yang terbaik dari penjualan kue kamu dengan memberikan diskon seperti, jika langganan maka akan mendapatkan bonus kue pertama untuk anak pertama. Sudah pasti orang yang menikah pasti akan punya anak, dan anak itu pasti akan ulang tahun setiap tahunnya, manfaatkan peluangnya. Orang Tua nya pasti juga tiap tahun pasti ulang tahun, manfaatkan juga peluangnya. Kamu harus kreatif dalam memanfaatkan peluang bisnis atau usaha yang ingin kamu bangun.

d. Threat ( ancaman ), didalam bisnis juga pasti ada ancaman atau hambatan dalam berjalannya bisnis atau usaha kamu. Seperti banyaknya pesaing yang memulai usaha atau bisnis yang sama. Kamu harus bisa bersaing dengan mereka, seperti pada yang pertama tadi yang kekuatan, kamu harus memiliki keunggulan sendiri dan yang pasti beda dari yang lain dan manfaatkan peluangnya. Dan amu juga harus bisa belajar dari pesaing pesaing kamu yang sudah sukses dengan bisnis yang sama, seperti bagaimana agar peminatnya banyak, seperti saya pernah mendengar dari motonya BOS Marketer FB Ads yang saya kenal namanya Fahmi Hakim yaitu Amati, Tiru, dan Modifikasi (ATM).


Didalam bisnis juga kamu harus memiliki Strategi Bisnis atau Usaha dengan bagaimana supaya bisnis yang kamu jalankan itu bisa laku dan banyak peminatnya. Seperti saya contohkan misalnya kamu membuka bisnis travel jalan-jalan keliling dunia hanya 1juta sudah keliling dunia dan bisa mengunjungi tempat dimana saja.

Nah, manfaatkan strategi bisnisnya seperti mengadakan kerja sama dengan berbagai travel travel di seluruh dunia, dengan hotel untuk tempat tinggal, dengan restoran untuk makan, dengan tempat wisata untuk lokasi jalan-jalannya. Atau bisa juga gratis-gratisan tanpa modal,  seperti kalau mau mandi di mall di luar negeri itu juga wesenya bagus kok udah berkelas tinggal mandi disitu, atau kalau mau makan misalnya saya contohkan yang ada di singapura di ballroom tokimasa itu isinya makanan semua, kalau mau makan disitu gratis mudah aja, di ruang itu menyediakan tester testeran jadi bisa nyoba nyoba aja, misalnya dihari pertama tester yang ruang selatan, hari kedua tester di ruang utara dan seterusnya hahaha...


Yang ketiga ini adalah analisis pasar, didalam membangun suatu usaha atau bisnis baru, kamu juga harus menganalisis pasar. Bukannya kamu pergi ke pasar lalu di analisis. Bukan! Tetapi, analisis yang lain seperti,:
a. Analisis Produk yang Sudah Ada, disini kamu menganalisis produk yang sudah ada apakah produk tersebut dapat laku dan berkembang kedepannya. Seperti kamu ingin menjual kaos apakah kaos tersebut akan terus laku kedepannya, tidak seperti fenomena batu akik, yang masanya tidak lama dan sekarang sudah hilang.

b. Calon Pesaing, didalam bisnis juga kamu harus memperhatikan calon pesaing kamu. Misalnya kamu ingin membuka toko kaos, pasti juga di dekat di daerah u ada toko kaos juga, kamu juga harus memperhatikan calon pesaing mu itu juga seperti apa yang mereka miliki, apa keunggulan mereka. Kamu pun harus berlomba untuk mengungguli calon pesaing kamu. Kalau kamu hanya bisa menghindar dan tidak mau bersaing, kamu akan kesulitan dalam membuka usaha dan memulai suatu usaha. Seperti ingin membuka Warung Soto di jogja, di jogja sudah ada yang terkenal Soto Kadipiro, lalu kamu ingin membuat soto apa? Ada yang terkenal lagi Soto Kudus, Soto Bangkong  yang dari semarang, dll.

c. Pesaing Industri, sama seperti calon pesaing diatas disini juga pasti ada pesaing lagi namun dalam bidang industri seperti Sop ayam, Sop sapi, Bakso, dll. Disini industrinya adalah makanan berkuah. dan kamu ingin membuat apa?


Yang terakhir ini adalah Analisis Produksi, disini kita memikirkan kekuatan untuk produksi kita seperti,:
a. Desain Produk, dalam desain produk kamu harus bisa memiliki kekuatan dalam desain produk ini seperti rasanya jika makanan, bentuknya jika barang. Seperti saya diceritakan dosen saya kalau di semarang itu ada Rumah Makan Mak Ntong yang menyediakan menu masakan Satu Hari itu hanya menyediakan 1 makanan. Misalnya hari senin hanya memasak mie, hari selasa hanya memasak bakso, hari rabu hanya memasak tekwan, dan seterusnya. Saya searching di internet warung makan ini ternyata memang ada, dan yang menjual makanan ini adalah nenek-nenek dan kakek-kakek, jadi warung makan ini jadi sangat rame menurut saya. Bisa dilihat warung makan ini selalu penuh. Ah, kalau ada waktu saya mau kesana lah semoga aja masih hidup nenek sama kakeknya.

b. Kekuatan Merek, dalam penentuan merek kamu juga harus hati hati dalam memilih nama merek usaha kamu, karena itu akan dikenal oleh banyak orang dan masyarakat luas. Oleh sebab itu dalam membuat merek harus unik dan mudah diingat. Dan dalam pembuatan merek juga harus menentukan warna yang pas dan jika pelanggan itu mengingat nama dan warna ini oh ini adalah ini. Seperti warna hijau biasanya tokopedia, dan warna orange itu adalah lazada, dll.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, intinya adalah dalam memulai suatu usaha atau bisnis harus memilik visi dan misi yang jelas yang terpenting. Karena yang terpenting usaha kamu itu mau dibawa kemana dan tujuannya untuk apa. Jadi sudah siapkah berbisnis? 

9 comments

avatar

Banyak usaha ternyata tidak didasari dengan analisa, tetapi mereka sukses. Bahkan pemiliknya buta huruf. Kenapa ? perbedaan mendasar itu ada pada spekulasi. Orang kampung berbisnis dengan modal 3 juta tidak pernah memperhitungkan ancaman, analisa share, dsb. Mereka nekat saja bikin gerobak mie ayam dan bakso. dan sukses... :)

avatar

iyaaa sebenarnya untuk menjadi sukses sebenarnya banyak jalan, yang terpenting tujuannya sama, mungkin cara yang mereka lakukan berbeda-beda... seperti contoh saya dari belitung ingin pergi ke jogja, ada yang naik motor menyeberangi lautan dan sampai jogja dan ada juga yang naik pesawat dan sampai jogja..

nah, diatas saya memberikan tips yang saya dapatkan dari saya belajar webinar dari orang lain dan ilmu yang saya dapatkan dari dosen saya, tapi kalau ingin memulai usaha harus di analisis terlebih dahulu mba, dan pasti yang sukses sukses itu meanfaatkan peluang dan kelemahan yang ia punya menjadi keunggulan dan mengalahkan pesaingnya..

terima kasih atas pendapatnya mba, :)

avatar

Wah bahas SWOT dia X)

Yang bagian pengelola, sebaiknya kita nggak asal comot orang buat jadi partner kita. Karena kalau salah orang justru bisa bubar usahanya :')

avatar

Bismillahh

Rencananya emang selepas S2 ini selain pengen jadi dosen saya juga pengen mulai usaha hihi

Thank you artikelnya mas!

avatar

iya lah mbaa, sudah pasti itu...
masa kita mau mempekerjakan orang yang malas dan tidka mau bekerja..
makanya diberikan pelatihan-pelatihan khusus untuk orang yang seperti itu.. :)

avatar

wahhh jadi dosennn bagus tuh mas... saya malah mau rektornya kalo bisa amen..

yoomannn masama mass :D

avatar

Hemmm memang bener tuh, kalau mau mulai usaha harus ada rencana dulu, pertimbangan resiko, ibarat nikah juga lah, gak mungkin nikah itu langsung nikah aja tanpa ada rencana dulu ya gak ? haha ;(

avatar

Yappp!! Setujuuuuuu tumben ada benernyaa kamu yak hhe :)

avatar
This comment has been removed by a blog administrator.

komentar aja asal gak spam :')

 
advertise here

Start typing and press Enter to search

Advertisement 10